Tumbuhan dari Papua Diyakini Dapat Menangkal Corona Covid-19 - Berita Papua

Breaking

Sabtu, 28 Maret 2020

Tumbuhan dari Papua Diyakini Dapat Menangkal Corona Covid-19

Tumbuhan dari Papua Diyakini Dapat Menangkal Corona Covid-19

Pasien dengan gejala mirip corona covid-19 biasanya disertai dengan demam tinggi. Berbagai tanaman herbal di Papua, mampu redakan demam. Ramuan ini pun telah dilakukan turun temurun dari nenek moyang di Papua.

Peneliti dari Universitas Cenderawasih, I Made Budi menyebutkan daun Sampare salah satunya yang dapat menurunkan demam tinggi. Biasanya, masyarakat hanya merebus daun ini dan minum air rebusannya dan demam pun mulai menghilang.

Masyarakat Papua biasa mengenal daun Sampare untuk mengobati penyakit malaria, obat tradisional Sampare telah dimanfaatkan turun-temurun dari nenek moyang masyarakat lokal di Biak Papua.

“Karena virus sifat asam, jika madu di-mix dengan rumput laut, maka PH tubuh jadi netral dan peluang virus jadi melemah,” kata Made dikenal dengan penemu khasiat buah merah Papua.

Budidaya rumput laut di Papua banyak terdapat di pesisir pantai, diantaranya di Kabupaten Biak Numfor, Kepulaun Yapen, Kabupaten Supiori, dan Kabupaten Nabire. Daerah budidaya dikelilingi pulau-pulau, sehinggga terlindung dari ombak besar dengan laut yang masih asli dan minim adanya pencemaran.

Dalam pengembangannya, bibit rumput laut diikat pada batu dan disebarkan pada area budidaya dalam posisi berjajar, untuk melindungi rumput laut dari predatornya maka digunakan jaring yang berfungsi sebagai pagar.

Lalu ada juga dengan budidaya tonggak dipancang yang saling berhadapan berjarak masing-masing 1,5 meter memenuhi area budidaya. Jarak tanaman dengan permukaan air laut diatur sedemikian rupa sehingga pada saat pasang surut terendah masih tetap berada di dalam air laut.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit di Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Aaron Rumainum menyebutkan untuk penyebaran corona covid-19 dapat dilakukan dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk meningkatkan imunitas, seseorang lebih dianjurkan untuk istirahat cukup. Termasuk mengkonsumsi banyak sayur dan buah.

“Usahakan tak merokok, tak mengkonsumsi alkohol, biasakan cuci tangan, olahraga teratur dan menyantap makanan bergizi. Dijamin kekebalan tubuh seseorang akan terus membaik,” jelasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar