Wujudkan Pilkada Damai - Berita Papua

Breaking

Kamis, 08 Oktober 2020

Wujudkan Pilkada Damai




Mewujudkan Pemilihan kepala daerah serentak di 11 kabupaten Provinsi Papua yang akan berlangsung 9 Desember 2020 berlangsung secara demokrasi,damai dan kondusif menjadi harapan semua elemen masyarakat, partai politik pengusung dan pemangku kepentingan setempat di tengah situasi pandemi virus corona (COVID-19).

Proses suksesi pilkada serentak di 11 kabupaten Provinsi Papua diharapkan bisa sukses dan lancar sehingga melalui pemilihan kepala daerah langsung dapat melahirkan figur pasangan kepala daerah bupati dan wakil bupati yang definitif untuk melanjutkan berbagai program pembangunan di daerah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat orang asli Papua.

Pengalaman dari penyelenggaraan pilkada serentak di Provinsi Papua tahun 2017 dan 2018 serta Pemilu 2019 pesta demokrasi politik di wilayah Timur NKRI itu sangat lancar dan sukses. Bahkan, pelaksanaan agenda politik lima tahunan di Indonesia itu dapat meningkatkan partisipasi warga lokal untuk menyalurkan hak suaranya dalam ajang pilkada dan pemilu.

Keberhasilan demokrasi dalam pilkada serentak dan pemilu di Provinsi Papua membuktikan fakta dinamika demokrasi di masyarakat lokal terus tumbuh serta mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

pelaksanaan pilkada serentak 9 Desember 2020 di 11 kabupaten Provinsi Papua dapat terwujud dengan aman,damai dan demokrasi sangat diperlukan partisipasi dukungan semua pemangku kepentingan yakni, KPU, Bawaslu dan aparat keamanan Polri-TNI, parpol pengusung, pasangan calon kepada daerah serta rakyat sebagai pemilik hak suara yang berdaulat dalam pilkada.

Pada penyelenggaraan pilkada serentak 9 Desember 2020 tersebar di 270 daerah dengan rincian 9 Provinsi (Gubernur), 37 Kota (Walikota) dan 224 Kabupaten (Bupati).

Untuk 11 Kabupaten di Provinsi Papua yang melaksanakan pilkada serentak 9 Desember 2020, di antaranya Kabupaten Nabire, Kabupaten Asmat, Keerom dan Waropen, Supiori, Merauke, Mamberamo Raya, Pegunungan Bintang, Boven Digoel, Yahukimo serta Kabupaten Yalimo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar