Bandara Wamena Kembali Dibuka - Berita Papua

Breaking

Senin, 10 Agustus 2020

Bandara Wamena Kembali Dibuka



Layanan penerbangan komersial di Bandara Wamena Kabupaten Jayawijaya, Papua akan kembali dibuka pada Kamis 13 Agustus 2020.

Sebelumnya selama 14 hari penerbangan komersil untuk ke Wamena ditiadakan. Pemerintah setempat hanya membuka penerbangan komersil keluar dari Wamena.

Keputusan buka kembali penerbangan komersial dari luar Wamena dilakukan sesuai kesepakatan rapat forkopimda di kantor Otonom Wamena Sabtu sore 8 Agustus 2020.

“Mulai Senin penerbangan penumpang akan dibuka kembali. Namun untuk regular pesawat penumpang sesuai jadwal hari Senin belum bisa beroperasi, tapi mulai beroperasi di hari Kamis,” kata Bupati Jayawijaya, Jhon Banua.

Menurutnya, mulai tanggal Senin 10 Agustus 2020, penerbangan dari luar khusus pesawat carteran yang akan masuk ke Wamena dipersilakan, namun untuk regular pesawat penumpang akan mulai beroperasi pada hari Kamis 13 Agustus 2020.

“Jadi penerbangan belum sepenuhnya normal, karena disesuaikan dengan jadwal yang sudah dikeluarkan sebelumnya,” katanya.

Dalam jadwal penerbangan sebelumnya, setiap hari Senin, Selasa, Jumat, Sabtu khusus maskapai Wing Air, maka saat ini ada perubahan jadwal ke hari Selasa dan Kamis yang disesuaikan dengan konektivitas pesawat dari Jakarta. Sedangkan untuk Trigana Air, kemungkinan akan beroperasi pada Senin dan Jumat.

“Untuk flightnya masih sama seperti sebelumnya, satu hari dua kali flight karena kami belum membuka secara bebas dan tetap ada pembatasan,” tuturnya.

Kata Bupati Jhon Banua, penerbangan yang akan dibuka dari luar untuk sementara hanya bisa melalui Jayapura-Wamena sedangkan dari Biak dan Timika belum bisa dibuka.

Ia menambahkan untuk pengawasan petugas Covid-19 akan ditambah oleh anggota TNI/Polri dan ditempatkan di Bandara Sentani sebanyak 7 orang, sehingga pengawasan terus berjalan sebelum masuk ke Wamena wajib bebas Covid-19.

“Setiap penumpang yang mau ke Wamena wajib rapid test di Sentani, sehingga yang sudah rapid di Sentani, maka di Bandara Wamena tidak dilakukan rapid test kembali,” jelasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar