Dari Wamena ke Nduga Kini Bisa 4-6 Jam Naik Mobil - Berita Papua

Breaking

Senin, 09 Desember 2019

Dari Wamena ke Nduga Kini Bisa 4-6 Jam Naik Mobil

Dari Wamena ke Nduga Kini Bisa 4-6 Jam Naik Mobil

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung manfaat infrastruktur dibangun di Papua. Dia tak ingin ada pihak yang meragukan manfaat infrastruktur di Papua.
.
Menurut Jokowi membangun negara ini memang sangat membutuhkan semangat dan keberanian. Negara ini, kata Jokowi, merupakan negara yang besar dan tidak mungkin setengah-setengah untuk membangun hal tersebut. Oleh karena itu, tekan dia, infrastruktur sangat dibutuhkan di Tanah Air.
.
"Jangan sampai ada yang bilang infrastruktur enggak bisa dimakan. Siapa yang bilang infrastukrur suruh dimakan?" kata Jokowi membuat gelak tawa para peserta kongres.
.
Jokowi juga menyinggung infrastruktur yang diklaimnya sangat berguna di Nduga, Papua. Wilayah Wamena dan Nduga yang terhalang dengan Pegunungan Tengah pada lima tahun lalu belum ada jalan, dan kini telah terbangun.
.
Padahal, sebelum ada pembangunan, ?masyarakat di sana, kata Jokowi, harus jalan kaki selama empat hari empat malam untuk memutari pegunungan untuk sampai ke Wamena.
.
"Sebab itu saya perintah untuk membuat jalan tembus Wamena-Nduga sekarang selesai dan rampung. Sehingga dari Nduga dan Wamena sekarang hanya kira-kira 4-6 jam naik mobil. Itulah pentingnya infrastruktur," kata Jokowi.
.
Jokowi bercerita waktu berkunjung ke Nduga lima tahun lalu. Ia mengaku heran karena tidak melihat penduduk sama sekali, padahal jumlah penduduk di sana banyak, tapi infrastruktur justru sangat minim.
.
Presiden menegaskan negara ini bukan hanya Jakarta dan Jawa saja. Masyarakat Papua, katanya, juga membutuhkan logistik dan pembangunan seperti warga yang tinggal di Jawa.
.
Tak hanya itu, kata Jokowi, dirinya pun menempatkan SDM sebagai prioritas karena akan bertarung dengan negara lain. "Kami ingin menaikkan, memperbaiki kualitas SDM Indonesia agar berkompetisi dengan negara lain. Makanya ada kartu prakerja tahun depan," tegasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar