Peresmian PLTS Jadi Kado Natal Spesial Bagi Masyarakat Yamkap - Berita Papua

Breaking

Selasa, 27 Desember 2022

 Peresmian PLTS Jadi Kado Natal Spesial Bagi Masyarakat Yamkap



Bupati Asmat, Elisa Kambu  Meresmikan Pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Kampung Yamkap, Distrik Dep Komour, Sabtu 24 Desember 2022

Persmian (PLTS ) Ini Juga Menjadi Kado Natal Yang Sangat Spesial Bagi Seluruh Masyarakat Yang Ada Di Kampung Tersebut

Sembelum meresmikan fasiltas publik itu, setibanya di dermaga Distrik Dep Komour Bupati Kambu disambut dengan tari-tarian oleh seluruh masyarakat adat yang berdomisili di kampong tersebut.

Elisa Kambu menghaturkan banyak terima kasih kepada selurh masyarakat kampung yamkap yang sudah turut mendukung proses pembangunan plts dengan cara menjaga keamanan dan ketertiban

Karena menurutnya suksesnya pembangunnan di suatu daerah dapat diukur dari tingkat keamanannya.

“orang bangun tower untuk telokomunikasi, orang sudah dari jah-jauh dating untuk bantu kita orang tembak orang, pekerjaan terhenti. Jangan kita jauh-jauh di Kabupaten Asmat saja tidak ada yang berani naik ke Syuru-syuru dan sekitarnya. Ucap Kambu.

Agar pelayanan PLTS dapat berjalan maksimal, Elisa Kambu meminta kepada seluruh masyarakat agar dapat merawat dan menjaga fasilitas publik yang telah di bangun itu.

“kau boleh marah dengan istrimu, dengan kakakmu dan dengan orang tuamu. Tapi saya jangan kemarahanmu kau lampiaskan untuk jalan yang ada, untuk gedung yang ada ataupun untuk rumah yang ada karena itu kita kerja capek. Baru kenapa kamu bebas saja kasih rusak hal itu tidak boleh” pungkas Kambu.

Selain meresmikan pengoperasian PLTS di kampung tersebut  Bupati Kambu juga memberikan bonus pulsa listrik untuk bulan pertama bagi seluruh masyarakat kampung tersebut.

Kedepan bagi masyarakat yang kurang mampu di Kampung Yamkap pembayaran listriknya akan di tanggulangi oleh pemerintah kampung setempat.

Yosua Rumbino  Manager Unit Layanan Pelanggan Perusahaan Listrik Negara Cabang Agats saat ditemui mengemukakan bahwa listrik yang dihasilkan oleh plts di kampung yamkap kedepan mampu memenuhi kebutuhan listirik yang ada di tiga kampug yang ada di distrik Dep Komour

“untuk PLTS di yamkap sendiri kapasitasnya 150 KWP dapat melayani 3 kampug yang sementara di Kampung Yamkap” singkat Rumbino.

Sementara itu, Direktur Utama PT Cakra Lintang Abadi, Rahmawati yang bertanggung jawab atas pembangunan PLTS tersebut mengatakan bahwa selain Kampung Yamkap masih ada 3 Kampung di 3 distrik lainnya yang dalam waktu dekat ini akan diresmikan juga penggunan PLTS nya.

“Ada kampong Ikapi di Distrik Pulau Tiga, Kampung Burbis di Distrik Suator dan satu kampung lagi di Distrik Safan” katanya.

Dia juga menuturkan bahwa pengerjaan di tiga kampung lainnya saat ini tengah di genjot oleh pihaknnya sehingga pada bulan januari mendatang ketiga PLTS itu dapat segera diresmikan dan dioperasikan.

SUMBER : https://papuaterkini.com/2022/12/peresmian-plts-jadi-kado-natal-spesial-bagi-masyarakat-yamkap/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar