Mahfud MD: Pilkada Papua Tetap Digelar Sesuai Jadwal - Berita Papua

Breaking

Jumat, 20 Maret 2020

Mahfud MD: Pilkada Papua Tetap Digelar Sesuai Jadwal

Pilkada Papua Tetap Digelar Sesuai Jadwal

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD memastikan Pilkada Serentak 2020 di Merauke, Papua tak akan ditunda.

Kondisi di Papua dan Papua Barat secara keseluruhan terbilang aman. Tak ada kendala apapun yang membuat pemerintah harus mengambil langkah menunda Pilkada yang dijadwalkan akan digelar September mendatang.

Klaim aman ini bisa dipastikan setelah Kapolri dan Panglima TNI melakukan penyelidikan di lokasi itu. Tak hanya itu, pihak KPU dan Bawaslu juga telah melakukan pemantauan lapangan. Hasilnya, tak ditemukan indikasi gangguan hingga harus menunda gelaran Pilkada.

"Sesudah dipelajari dari berbagai aspek, ternyata tidak ada alasan untuk menunda sehingga di Merauke pun Pemilukada atau Pilkada akan tetap dilaksanakan sesuai jadwal," kata Mahfud, Kamis (19/3).

Mahfud menambahkan, situasi yang terjadi saat ini justru semakin membuat pihaknya yakin untuk menggelar Pilkada sesuai jadwal.

Terkait situasi dan kondisi di Tembagapura, Papua, setelah sempat terjadi baku tembak antara TNI/Polri dengan kelompok sipil bersenjata di sana, Mahfud memastikan wilayah sepenuhnya telah dikuasai oleh pemerintah.

"Pemerintah sudah berhasil menguasai situasi dan kontak tembak ya kan sudah sering terjadi. Kita selesaikan itu sebagai tindakan KKB. Apa namanya, kelompok kriminil bersenjata," kata Mahfud.

Segala kerusuhan yang terjadi sepenuhnya sudah ditangani oleh Polri dan Aparat Keamanan. Meski begitu dia memastikan dalam penanganan Papua sepenuhnya akan dilakukan melalui pendekatan kesejahteraan.

"Pendekatan Papua tetap mengutamakan pendekatan kesejahteraan, sementara di bidang Hankam kita menggunakan pendekatan ketertiban dan keamanan," pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar