Laboratorium Forensik Polda Papua Segera Operasional - Berita Papua

Breaking

Minggu, 02 Februari 2020

Laboratorium Forensik Polda Papua Segera Operasional

Laboratorium Forensik Polda Papua Segera Operasional

Kepolisian Daerah (Polda) Papua bakal memiliki Bidang Laboratorium Forensik (Bidlabfor) untuk mengungkap atau mendukung penyidikan dan penyelidikan berbagai kasus yang terjadi di daerah itu. Bidlabfor sebagai unsur pendukung dalam bidang laboratorium forensik pada tingkat Polda yang berada di bawah Kapolda.
.
Tim Pusat Laboratorium Forensik Badan Reserse Kriminal Mabes Polri telah meninjau studi kelayakan Bidang Laboratorium Forensik (Bidlabfor) Polda Papua, Jayapura, Kamis, (30/1/2020) kemarin. Uji kelayakan Bidlabfor Polda Papua perlu dilakukan, sehingga dapat mempunyai wujud dan ujung atau mendapat suatu kesimpulan.
.
“Kami sudah hampir 3 bulan berada di Polda Papua ini, kita ini direkrut dari berbagai Bidlabfor Polda yang ada di Indonesia. Kami sudah sprintkan untuk persiapan operasional Bidlabfor Polda Papua,” kata Kabid Puslabfor Polda Papua, AKB Maruli Simanjuntak.
.
Wakapolda Papua Brigjen Yakobus Marjuki mengatakan labfor itu bagian penguatan penyidikan. “Kami harus perkuat penyidikan, selain labfor ini berkaitan dengan polsek. Penguatan personel kita baru 45 persen,” kata Marjuki.
.
Tercatat saat ini baru peresmian 5 polres baru, Polda Papua minta 1.000 personel ke Kapolri termasuk lulusan SPN untuk penguatan ke dalam. “Saya berharap penguatan dalam penyidikan ini tidak terlepas dari kelemahan kita, pemahaman internal dan eksternal agar semua mendorong untuk penegakan hukum di Papua ini,” ujar Marjuki menambahkan.
.
Upaya Labfor itu untuk penguatan personelnya termasuk sarana prasarana yang diperlukan dan dukungan anggarannya. Kapuslabfor Mabes Polri Brigjen Ahmad Haydar menyampaikan, anggaran pembangunan Bidlabfor Papua senilai 12 juta dolar AS, dibagi dua bersama Polda Riau.
.
“Kemarin kita sudah tengok Riau, sekarang kita tengok Papua, apabila memenuhi syarat untuk dioperasionalkan, kami akan buat surat dan turun SKEP dari Kapolri berarti siap dioperasionalkan,” kata Ahmad.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar