Wamen PUPR minta pengerjaan jalan trans Papua selesai tepat waktu - Berita Papua

Breaking

Jumat, 06 Desember 2019

Wamen PUPR minta pengerjaan jalan trans Papua selesai tepat waktu

Wamen PUPR minta pengerjaan jalan trans Papua selesai tepat waktu

Pembangunan Jalan Trans Papua sejak akhir 2018 hingga 2019 kerap terhambat karena adanya gangguan keamanan dari kelompok kriminal bersenjata ( KKB). Untuk mengejar target terhubungnya seluruh jalur tersebut di 2020, muncul wacana TNI akan dipercaya mengerjakan Trans Papua di sejumlah titik rawan.
.
Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) XVIII Jayapura, Osman Marbun, mengatakan, pada 2019, TNI sudah terlibat untuk mendukung pembangunan ruas jalan Wamena (Jayawijaya)-Mbua (Nduga).
.
Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) XVIII, Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Osman Harianto Marbun mengatakan perkembangan pengerjaan sejumlah jalan trans Papua telah mencapai 97 persen. Sisa pekerjaan itu akan diselesaikan pada 2020.
.
“Program penuntasan jalan trans Papua untuk perbatasan masih 179 kilometer lagi, dari Oksibil di Kabupaten Pegunungan Bintang ke arah Jayapura. Intinya, kami menunggu kondisi aman, baru pekerjaan tersebut diselesaikan. Akan tetapi, kami pastikan tahun depan semua [ruas jalan] sudah selesai,” ujarnya.
.
Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, John Wempi Wetipo meminta pengerjaan jalan trans Papua yang sempat tertunda karena ada gangguan keamanan bisa diselesaikan tepat waktu. Keberadaaan jalan tersebut sangat membantu pemerintah dalam menekan kemahalan harga di Papua.
.
Hal itu disampaikan John Wempi Wetipo usai berolahraga bersama seluruh pegawai Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) di Jayapura, Senin (2/12/2019). “Kami harap pengerjaan jalan trans Papua tidak mengalami hambatan, sehingga bisa segera diselesaikan dan dimanfaatkan oleh masyarakat,” kata Wetipo.
.
Ia katakan, selama ini masyarakat hanya mengetahui adanya pembangunan ruas jalan Jayapura – Wamena. Padahal ada juga pembangunan ruas jalan Pegunungan Bintang – Jayapura, Boven Digoel – Yahukimo, dan Merauke – Mappi. Ia menyatakan pembangunan seluruh jalan trans Papua itu menjadi perhatian Kementerian PUPR.
.
“Semua ini masih terus berproses. Kami harapkan tahun depan (2020) semua sudah selesai dikerjakan sesuai target,” ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar