Percepatan Pembangunan Papua di Kawasan Selatan Papua - Berita Papua

Breaking

Selasa, 06 Oktober 2020

Percepatan Pembangunan Papua di Kawasan Selatan Papua




Bupati Asmat Elisa Kambu meyakini pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Provinsi Papua Selatan akan memacu percepatan pembangunan di kawasan selatan Papua.

Bupati Kambu mengatakan, begitu banyak masalah yang terjadi di Papua hingga kini belum dapat terselesaikan, salah satunya karena cakupan wilayah begitu luas yang terbagi pada 29 kabupaten/kota.

Persoalan lain, kata Bupati, menyangkut pengalihan kewenangan beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) termasuk SMA/SMK ke provinsi menyusul penerapan UU No. 23 tahun 2014.

Untuk itu, Bupati Kambu mengatakan, jika pemekaran provinsi segera direalisasi, maka otomatis akan memperpendek rentang kendali pemerintahan. Kemudian dari sisi pengawasan akan lebih efektif.

Bupati Kambu meyakini, jika provinsi Papua tidak segera dimekarkan, maka percepatan dan pemerataan pembanguan ke seluruh wilayah yang begitu luas tidak akan tercapai.

Ia mengatakan, selain berbagai persoalan tersebut, desakan pembentukan Provinsi Papua Selatan merupakan aspirasi murni dari masyarakat yang telah diperjuangkan sejak 2007.

Perjuangan pembentukan Provinsi Papua Selatan khususnya di Kabupaten Asmat telah mendapat dukungan DPRD, bupati/wakil bupati, masyarakat, bahkan telah dibentuk tim yang tengah mempersiapkan berbagai persiapan pemekaran.

Untuk mendukung kesiapan pemekaran, rencananya akan digelar rapat bersama lima kabupaten yaitu Merauke, Asmat, Mappi, Boven Digoel, dan Pegunungan Bintang tanggal 27-28 November di Merauke.

Ia berharap pemerintah pusat bijaksana, dimana pemekaran kini masih dihadapkan dengan moratorium penghentian sementara pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB) di seluruh wilayah Indonesia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar