Otsus Didukung Masyarakat Papua - Berita Papua

Breaking

Minggu, 18 Oktober 2020

Otsus Didukung Masyarakat Papua

 


Perpanjangan otonomi khusus di Papua sangat didukung oleh masayrakat adat di Bumi Cendrawasih. Sebagai warga asli, mereka sudah merasakan keuntungan dari otsus dan Papua jadi semakin maju.

Otonomi khusus di Papua yang akan diperpanjang tahun 2021 mendatang, mendapat sambutan yang sangat baik dari masyarakat adat Papua. Beberapa tokoh masyarakat yang mewakili warga asli Bumi Cendrawasih, menyatakan dukungannya jika program ini ada kelanjutannya, selama 20 tahun ke depan.

Lembaga Masyarakat Adat Jayawijaya menyatakan bahwa mereka sangat pro jika otonomi khusus diperpanjang. Hal ini dilontarkan setelah ada pertemuan dengan para tokoh masyarakat adat di Kabupaten Jayawijaya.

Menurut Karlos Huby, Ketua Masyarakat Adat Papua, mereka kompak mendukung adanya otonomi khusus di Papua. Namun dengan beberapa persyaratan. Pertama, pemerintah pusat harus melakukan pengawasan ketat agar tidak ada penyelewengan dana. Sedangkan yang kedua, dana otsus harus tepat sasaran dan diberikan kepada masyarakat kelas bawah.

Pemerintah pusat juga wajib mengadakan evaluasi pada otonomi khusus jilid 1. Apa saja yang terjadi di Papua selama 20 tahun? Apakah selama ini anggaran yang diberikan sudah benar-benar mengentaskan kemiskinan?

Dukungan dari masyarakat adat sangat membantu pemerintah. Karena para tokoh adat menghmbau warganya untuk ikut mendukung otonomi khusus dan perpanjangannya. Mereka sadar bahwa dana otsus sangat dibutuhkan untuk memajukan Papua.

Otonomi khusus membuat Papua memiliki Gubernur dan pejabat tinggi dari warga asli. Mereka diharap bisa memegang amanah dan tidak mengemplang dana otsus. Jika ada korupsi, maka sama saja dengan memakan saudara sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar