Masyarakat Suku Meyah Siap Sukseskan Pilkada 2020 - Berita Papua

Breaking

Sabtu, 10 Oktober 2020

Masyarakat Suku Meyah Siap Sukseskan Pilkada 2020




Masyarakat adat Pegunungan Arfak, khususnya Suku Meyah Mandacan dan Meidodga mendukung pilkada damai, jujur, adil dan demokratis. Tak hanya itu, masyarakat Meyah di Kampung Susweni, Distrik Manokwari Timur menyatakan siap menyukseskan pesta demokrasi pemilihan kepala daerah serentak Desember mendatang. Yakni Pilkada Bupati serta Wakil Bupati di Kabupaten Manokwari.

Hal itu disampaikan sejumlah tokoh adat, tokoh masyarakat, serta tokoh pemuda di Kampung Susweni dalam kegiatan sosialisasi serta dukungan masyarakat dalam pelaksanaan Pilkada 2020.

Salah satunya Tokoh Pemuda Arfak Suku Meyah Hasani Ulman. “Saya sarankan bahwa ketika Pilkada Serentak 2020 Desember besok, kami akan lakukan pencoblosan dengan aman dan damai. Kami akan menjaga keamanan dan ketertiban di Kampung Susweni bahkan Distrik Manokwari Timur,” tegasnya.

Terlebih dalam hal keamanan, Hasani menjamin, pada pelaksanaan Pilkada 2020 nanti, akan terhindar dari gangguan kemananan. “Karena itu sudah jadi tanggung jawab kami, dari tahun ke tahun setiap pemilu, Manokwari Timur selalu aman. Tidak ada keributan dan kekacauan, yang menghambat jalannya pemilu,” tegasnya.

Dia bahkan menggaransi, bahwa Pilkada di Distrik Manokwari Timur akan terbebas dari praktik-praktik intimidasi.

Di samping itu, Kepala Kampung Susweni Marthen Meidodga yang turut hadir dalam sosialisasi menyampaikan, perbedaan pilihan merupakan hal biasa dalam pesta demokrasi Pilkada. Namun, kata Marthen, dalam hal bermasyarakat di Kampung Susweni tidak mengenal adanya perbedaan. “Tidak ada permusuhan, keluarga tetap keluarga. Tapi saat pemilihan, itu masing-masing. Selama pemilihan di Kampung Susweni ini tidak pernah kacau,” tandasnya

Di penghujung kegiatan, sejumlah perwakilan masyarakat menyatakan sikap, mendukung pelaksanaan Pilkada 2020 Desember mendatang. “Suku Meyah Mandacan-Meidodga Kampung Susweni, siap menyukseskan Pilkada 2020 tetap aman. Sekali aman tetap aman,” seru 5 orang perwakilan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar