Dukung Kebijakan Otonomi Khusus Papua - Berita Papua

Breaking

Sabtu, 10 Oktober 2020

Dukung Kebijakan Otonomi Khusus Papua




Sejumlah aktivis mahasiswa papua mendatangi Gedung Kemendagri di Jakarta. Kedatangan mereka, bertujuan untuk melakukan audiensi terkait dukungan terhadap kebijakan Otsus Papua.

Saat ini perpanjangan Otsus itu dituangkan dalam undang-undang yang akan dibahas pemerintah dan DPR. UU Otsus itu sudah masuk dalam program legislasi nasional.

Peserta audiensi diterima langsung oleh Dirjen Politik dan Hukum Kemendagri diwakili oleh Bapak Budi Arwan (Kasubdit Papua dan Papua Barat) dan Miky Gobay asal Papua (Staf Ditjen Polkum Kemendagri).

Aktivis Papua Jefri Papare, mengatakan, kedatangannya ke Kemendagri diantaranya bertujuan untuk mendukung kebikakan Otsus Jilid dua. Pasalnya, dalam kebijakan Otsus terdapat aspek prioritas untuk pembangunan di Papua dan Papua Barat, diantaranya pendidikan, kesejahteraan sosial, kesehatan dan infrastruktur.

Meski begitu, lanjut Jefri, penerapan kebijakan Otsus harus diawasi secara ketat. Salah satunya terkait data mahasiswa penerima beasiswa Otsus dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Papua.

Semnatara itu, satu diantara perwakilan mahasiswa asal Kota Bandung, Alfinides Pohowain mengatakan, kebijakan Otsus Papua Jilid Dua harus didukung penuh oleh masyarakat papua. Namun, dalam pelaksaanya tetah perlu dilakukan pengawasan.

Pasalnya, lanjut Alfinides, banyak sekali orang-orang tidak bertanggungjawab yang menyalahgunakan dana Otsus Papua. Hal itu terbukti, dengan biaya kuliah dari anggaran Otsus selalu terlambat diterima mahasiswa asal Papua.

Dalam aksinya, mereka meminta pemerintah Indonesia untuk melibatkan mahasiswa papua perihal pengawasan kebijakan otonomi khusus (otsus) di Papua. Khsusnya dalam pengawasan anggaran Otsus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar