Papua Barat Siap Wujudkan Pilkada Serentak Damai dan Jujur - Berita Papua

Breaking

Rabu, 23 September 2020

Papua Barat Siap Wujudkan Pilkada Serentak Damai dan Jujur




Provinsi Papua Barat melakukan Deklarasi Pemilihan Serentak 2020 yang sehat, jujur, adil aman, dan damai. Deklarasi dilakukan pada 9 kabupaten yang melaksanakan pilkada, termasuk para penyelenggara, pengawas, peserta pilkada, serta seluruh elemen yang terkait dalam pelaksanaan pemilihan serentak bersama pihak keamanan.

Dalam deklarasi ini juga dilakukan penandatanganan pakta integritas yang dilakukan secara virtual dari 9 daerah yang melaksanakan pilkada yang dilakukan oleh bakal calon bupati dan wakil bupati.

Deklarasi pemilihan serentak tahun 2020 yang sehat jujur adil aman dan damai di Provinsi Papua Barat berisi 3 poin yakni:

Bersama-sama menjunjung tinggi asas salus populi suprema Lex esto bahwa keselamatan rakyat merupakan hukum tertinggi
Melaksanakan dan mewujudkan pemilihan serentak 2020 yang sehat dengan mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19
Melaksanakan dan mewujudkan pemilihan serentak 2020 yang jujur, adil, aman, damai, berintegritas tanpa hoaks dan tanpa politisasi SARA.

Kodam XVIII Kasuari siap mengawal pesta demokarasi lima tahunan pemilihan kepala daerah di Papua Barat yang diikuti 9 kabupaten/kota.

Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa mengatakan tahapan persiapan pilkada di tengah pandemi berjalan normal, sesuai dengan yang dijadwalkan oleh KPU dan Bawaslu.

Untuk itu, rekomendasi yang diberikan adalah deklarasi Pilkada damai dan aman Covid-19, salah satunya pembatasan kampanye terbuka dan beralih ke kampanye virtual, pembatasan pengumpulan massa dan minimalisir umbul-umbul serta baliho.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar