IMP Dukung Pemerintah Lanjutkan Otonomi Khusus Jilid II di Papua - Berita Papua

Breaking

Minggu, 06 September 2020

IMP Dukung Pemerintah Lanjutkan Otonomi Khusus Jilid II di Papua




Intelektual Muda Papua (IMP) Papua Barat mendukung pemerintah dalam upaya melanjutkan Otonomi Khusus Jilid II kepada masyarakat Papua. Hal tersebut diungkapkan salah satu anggota IMP Papua Barat sekaligus Ketua DPP KNPI Wamena, Arman Asso.

Menurutnya, IMP-PB mendukung keinginan Pemerintah Pusat untuk mengucurkan kembali dana Otonomi Khusus (Otsus) jilid II, merekapun sepakat jika otsus diberlakukan, namun sebagai catatan harus ada kontrol atau pengawasan dengan membentuk badan atau lembaga khusus dengan pelibatan tokoh masyarakat, dan kaum intelektual asal Papua dan Pabar.

Asso menilai jika Otsus Jilid-2 sudah terjadi dan tidak perlu jadi polemik, karena sudah jadi program nasional dan mestinya di kawal.

Sementara d IMP-PB yang juga Ketua Himpunan Mahasiswa Teluk Bentuni se Jabodetabek Malkin Kosepa, mengakui dirinya tidak munafik, pasalnya selama otsus ada sangat bermanfaat. Memang diakui belum ada sosialisasi akan otsus ini, dan UU pun tidak menyebutkan otsus itu berhenti.

Kedepan IMP-PB sepakat untuk seyogyanya dibentuk badan atau lembaga sendiri dalam pengelolaan dana Otsus, guna menghindari penyalah gunaan kewenangan dan mencurigai Pemerintah Daerah. Seperti sebelumnya parnah disampaikan Gubernur Papua Lukas Enembe yang mengecam akan mengembalikan dana otsus ke Pemerintah Pusat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar