Dukungan Otonomi Khusus Terus Bergulir - Berita Papua

Breaking

Rabu, 16 September 2020

Dukungan Otonomi Khusus Terus Bergulir




Otonomi khusus adalah keistimewaan yang diberikan kepada rakyat Papua. Mereka mendapat dana khusus untuk membangun infrastruktur, beasiswa, dll. Tujuannya agar Papua jadi wilayah yang maju. Serta tidak ada ketimpangan pembangunan antara Papua dengan pulau lainnya.

Masyarakat Papua menanti tahun 2021 karena akan ada otonomi khusus jilid 2. Pada otsus jilid 1 yang dimulai 2001 lalu, sudah banyak menghasilkan kemajuan di bumi cendrawasih. Misalnya Jalan Trans Papua, Bandara Internasional Sentani, dll. Presiden Joko Widodo bahkan mencoba Jalan Trans Papua dengan sepeda motornya untuk mengetes ketahanan jalannya.

Dalam otonomi khusus, tak hanya uang yang diberikan pemerintah untuk membangun berbagai fasilitas di Papua. Namun juga ada kebijakan lain, seperti dibentuknya MRP (majelis rakyat Papua) yang akan melindungi hak warga asli Papua dan mengatur kerukunan hidup beragama. Gubernur di Papua dan Papua Barat juga harus dijabat oleh putra asli Papua.

Otsus jilid 2 sangat disetujui masyarakat karena akan membawa Papua jadi lebih maju. Yanto Eluay, tokoh adat Papua menyatakan bahwa semua masyarakat Papua mendukung seluruh keputusan pemerintah dalam rangka mensejahterakan wilayahnya. Dalam artian, pemerintah tak pilih kasih dan ingin memeratakan pembangunan di wilayah barat dan timur Indonesia.

Dukungan dari masyarakat Papua sangat penting, karena bisa melancarkan proyek yang dibuat oleh pemerintah saat otsus. Mereka turut menjaga kedamaian di wilayah Papua dan mau melaksanakan program yang dibuat pemerintah daerah. Masyarakat mau jika disuntik vaksin dan berobat ke Puskesmas saat sakit. Mereka yakin bahwa semua program otsus bertujuan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar