FMPI Dukung Otsus Jilid 2 Demi Kemajuan Papua - Berita Papua

Breaking

Sabtu, 15 Agustus 2020

FMPI Dukung Otsus Jilid 2 Demi Kemajuan Papua



Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar bersama Staf Khusus Mendagri Bidang Keamanan, Hukum dan Pengawasan Sang Made Mahendra Jaya dan Staf Khusus Mendagri Bidang Politik dan Media Kastorius Sinaga menerima perwakilan pengunjuk rasa dari Forum Mahasiswa Primordial Indonesia (FMPI) di Kantor Pusat Kemendagri, Kamis (13/08/2020).

Lawatan FMPI ke Kantor Pusat Kemendagri untuk menyampaikan dukungan terhadap Otonomi Khusus Jilid II demi kesejahteraan rakyat.

“Kami mendukung keberlanjutan Otonomi Khusus Papua dan Papua Barat yang berpihak terhadap program prioritas pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan pertumbuhan ekonomi,” jelas Koordinator Aksi Bio Werfete.

Meski mendukung keberlanjutan otonomi khusus, perwakilan mahasiswa mendorong Pemerintah Pusat untuk mengevaluasi Otonomi Khusus Papua dan Papua Barat dalam membangun clean government dan good government, serta mendorong semangat proses penegakan hukum terhadap penyalahgunaan Dana Otonomi Khusus.

“Kami mendukung Otsus, namun harus ada perbaikan mekanisme yang jelas dan program-program yang dapat dirasakan manfaatnya demi kesejahteraan Papua,” papar Sabil perwakilan dari FMPI.

Menanggapi hal itu, Dirjen Polpum Bahtiar menyampaikan, Kementerian Dalam Negeri sangat terbuka dengan aspirasi, pengaduan, saran ataupun kritik dari masyarakat, termasuk aspirasi dari mahasiswa Papua yang datang untuk menyampaikan unjuk rasa. Karenanya Kemendagri secara terbuka menerima perwakilan pengunjuk rasa untuk berdiskusi bersama.

“Terima kasih kepada rekan-rekan mahasiswa. Kami bangga dengan semangat, saran, dan pemikiran-pemikiran yang disampaikan. Hadir bersama kita di sini Bapak Budi dari Direktorat Otsus yang memang sehari-hari mengawal Otsus, silakan difasilitasi saran-saran yang sudah disampaikan. Kalau diperlukan silakan lakukan pertemuan-pertemuan lanjutan,” ujar Bahtiar.

Senada hal itu, Staf Khusus Mendagri Bidang Keamanan, Hukum dan Pengawasan Sang Made Mahendra Jaya mengatakan, pada prinsipnya arah kebijakan Kementerian Dalam Negeri bertujuan untuk membangun kesejahteraan di Papua. Bahkan, secara khusus Mendagri Muhammad Tito Karnavian juga mendukung penuh kemajuan Papua.

“Yakinlah, bahwa Mendagri sangat mendukung pembangunan Papua dari segala aspek. Dan pemikiran-pemikiran dari rekan-rekan mahasiswa Papua sangat diperlukan untuk memperbaiki Papua. Kami sekali lagi bangga dengan rekan-rekan yang masih kuliah namun sudah memikirkan kesejahteraan masyarakat Papua,” sebut Sang Made Mahendra Jaya menambahkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar