SDM Papua Harus Berkualitas Agar Pelaksanaan Otsus Dapat Tepat Sasaran - Berita Papua

Breaking

Senin, 13 Juli 2020

SDM Papua Harus Berkualitas Agar Pelaksanaan Otsus Dapat Tepat Sasaran

Sumber Daya Manusia (SDM) Papua yang berkualitas sangat penting untuk mengefektifkan pelaksanaan otonomi daerah. Sebab masa depan daerah bergantung pada SDM yang tangguh dan berdaya saing.

Kondisi SDM itu dipengaruhi oleh faktor kebijakan masa lalu dan politis. Di era katerbukaan sudah jelas dan terbuka tingkat kompetensi adalah yang utama. Kita harus konsisten melihat pada SDM pada kapasitas, kompetensi, dan keahlian yang dimiliki untuk menentukan efektifitas pelaksanaan otonomi daerah.

Untuk itu diperlukan peningkatan kapasitas melalui bimbingan teknis dan manajemen talenta untuk melihat kesiapan SDM dalam menerima tanggung jawab ke depan. Bimbingan Teknis (Bimtek). penguatan kapastitas SDM, pengamatan sejak dini atau managemen talenta pengamatan kemampuan pada seseorang itu sangat penting.

Pada suatu saat, generasi penerus harus siap menerima tongkat estafet. Jangan sampai tanpa pelatihan dan keterampilan seseorang mendapatkan jabatan yang tinggi. Dikhawatirkan mereka tidak mampu menyelesaikan masalah internal maupun eksternal.

Tak hanya itu, tingkat pendidikan juga harus diperhatikan agar penempatan ASN Papua sesuai dengan kompetensinya. Meski demikian, monitoring oleh pemerintah pusat di era keterbukaan tetap diperlukan.

Dalam disertasi tersebut menghasilkan beberapa rekomendasi diantaranya yang berkenaan dengan Peningkatan SDM agar memiliki kompetensi yang baik dalam penguasaan substansi sehingga mampu melaksanakan Binwas secara baik dan benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar