Ciptakan Keberagaman Menjadi Kekuatan Bela Negara, Melalui Pelestarian Pencak Silat Sebagai Budaya Bangsa - Berita Papua

Breaking

Rabu, 01 Juli 2020

Ciptakan Keberagaman Menjadi Kekuatan Bela Negara, Melalui Pelestarian Pencak Silat Sebagai Budaya Bangsa

Ciptakan Keberagaman Menjadi Kekuatan Bela Negara, Melalui Pelestarian Pencak Silat Sebagai Budaya Bangsa

Korem 172/PWY menggelar Komunikasi Sosial (Komsos) kreatif dengan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) se-Jayapura. Komsos dilaksanakan di Aula Makorem 172/PWY, pada Senin 29 Juni 2020.

Komandan Korem 172/PWY, Brigjen TNI Izak Pangemanan menuturkan kegiatan hari ini dalam rangka menciptakan keberagaman menjadi kekuatan bela negara, melalui pelestarian pencak silat sebagai budaya bangsa Indonesia.

Walau pencak silat budaya dari pulau Jawa, namun anak muda di Papua banyak yang tergabung dalam berbagai perguruan pencak silat yang ada, sehingga hal ini baik untuk dikembangkan.

“Kita juga ingin membentuk sumber daya manusia Indonesia yang kreatif, inovatif dan adaptif, khususnya di Jayapura untuk menghadapi berbagai tantangan kehidupan berbangsa dan bernegara,” katanya.

Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan juga mengajak seluruh perguruan pencak silat di Jayapura bergandengan tangan untuk menjaga persatuan dan kesatuan di Bumi Cenderawasih

Ketua IPSI Kabupaten Jayapura, Alvius Demena mewakili Ketua IPSI Provinis Papua menyampaikan pencak silat merupakan salah satu budaya yang dimiliki bangsa Indonesia yang sudah berada di seluruh pelosok tanah air, termasuk di Provinsi Papua.

”Kami butuh dukungan semua pihak untuk mengembangkan pencak silat di tanah Papua, sehingga bisa bersaing dengan provinsi lain di Indonesia. Kita berharap pada PON XX tahun 2021, pencak silat dari Papua dapat meraih 3 medali dari 23 medali yang di pertandingkan”, ujarnya.

Alvius mengharapkan dengan pertemuan ini, dapat ditindak lanjuti pertemuan rutin, sehingga semakin banyak generasi muda yang berminat untuk menjadi atlet pencak silat di tanah Papua.

“Harapan kami, pengurus dan pelatih perguruan lebih giat untuk melatih atlet kita serta dapat melakukan kerjasama dengan Korem untuk mengadakan pertandingan-pertandingan atau kejuaraan di Korem 172/PWY,” jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dibagikan tali asih dari Komandan Korem 172/PWY sebagai bentuk perhatian, sehingga dapat memberikan dorongan dan semangat kepada para atlet pencak silat dan perguruan-perguruan yang hadir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar