9 Bulan di Papua, Satgas TNI Buktikan Dedikasinya - Berita Papua

Breaking

Jumat, 24 Juli 2020

9 Bulan di Papua, Satgas TNI Buktikan Dedikasinya



Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny Irianto Moningka menyambut kedatangan 220 prajurit Satgas Yonko 462 Paskhas Pengamanan Bandara Daerah Rawan Papua di Lapangan Hanggar Charlie Lanud Roesmin Nurjadin, Senin (20/7).

Menurut Ronny, keberhasilan melaksanakan tugas telah membuktikan dedikasi dan disiplin yang tinggi dan mampu membangun interaksi yang baik dengan masyarakat melalui implementasi dari nilai-nilai luhur Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI.

"Tugas yang dilaksanakan merupakan suatu kehormatan yang telah dipercayakan oleh negara dan pimpinan TNI terhadap kapabiltas dan loyalitas, penugasan pengamanan di daerah rawan Papua tidaklah mudah karena dihadapkan kepada kondisi alam dan budaya yang berbeda, namun prajurit Yonko 462 Paskhas mampu melaksanakan tugas dan memberikan rasa aman kepada masyarakat," tutur Ronny.

Ronny mengungkapkan, nantinya akan ada lagi pengiriman dalam operasi tugas berikutnya guna mewujudkan stabilitas keamanan di wilayah paling Timur Indonesia itu.

Komandan Batalyon Komando 462 Paskhas Letkol Pas Yoseph M Purba mengatakan bahwa prajurit 462 Paskhas dalam operasi tugas di Papua tersebar di 11 bandara perintis dan di tiga Korem Papua. Mulai dari Nabire hingga ke ujung timur Merauke.

Yoseph yang memimpin langsung pengamanan mengatakan, banyak tantangan yang dihadapi prajurit. Mulai dari ancaman keamanan, pergerakan barang terlarang seperti senjata api, minuman keras hingga obat-obatan terlarang.

Kedatangan pasukan di Pekanbaru disambut rasa haru terutama dari keluarga prajurit. Tangis haru para istri dan keluarga pecah saat mereka kembali dipertemukan usai berpisah sembilan bulan.

Dalam upacara penyambutan turut hadir Danwing III Paskhas Kolonel Pas Deni Ramdani, Danwing 6 Kolonel Pnb Setiawan, Kadisops Kolonel Pnb Dedy Supriyanto, Kadislog Kolonel Tek Dwi Wihananto dan para pejabat dijajaran Lanud.

Turut menyaksikan Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 12/D.I Lanud Roesmi Nurjadin, Irenne Ronny Moningka dan Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 4/G.IV Wing III Paskhas, Deni Ramdani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar