BI Papua dorong kerja sama antardaerah untuk menjaga stabilitas harga - Berita Papua

Breaking

Sabtu, 27 Juni 2020

BI Papua dorong kerja sama antardaerah untuk menjaga stabilitas harga

BI Papua dorong kerja sama antardaerah untuk menjaga stabilitas harga

Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua mendorong adanya kerja sama antardaerah untuk menjaga stabilitas harga bahan-bahan kebutuhan masyarakat.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Naek Tigor Sinaga di Jayapura, Kamis, mengatakan kerja sama ini dimulai dengan pemetaan surplus defisit di daerah masing-masing.

"Kerja sama antardaerah ini tentunya memerlukan interkonektivitas yang perlu dijaga, sehingga harapannya inflasi di kawasan timur Indonesia dapat memberikan kontribusi yang positif kepada nasional," katanya.

Menurut Naek, tentu dengan dampak pandemi Covid-19 ini ada risiko-risiko tersendiri terutama bagaimana produksi tersebut bisa berlangsung.

"Ancaman-ancaman ke depan itu seperti ketersediaan pangan, sehingga menjadi salah satu pekerjaan rumah kami, biasanya yang surplus atau kelebihan pangan mencoba bagaimana agar tidak dibagikan ke daerah lain," ujarnya.

Untuk itu, katanya, minimal sebuah wilayah harus dapat mencukupi kebutuhannya sendiri, sehingga dirasa perlu mengembangkan potensi-potensi yang ada di daerah.

"Ada beberapa langkah konkrit bagaimana menjaga serta membuat komoditas pangan lokal sebagai ketahanan pangan, lalu bagaimana mencoba mendistribusikan lewat tol laut, kemudian bagaimana juga menjaga stabilitas harga melalui penetapan Harga Eceran Tertinggi," katanya lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar