Sembilan Kelurahan Mendapat Bantuan Dinas Sosial Nabire - Berita Papua

Breaking

Minggu, 31 Mei 2020

Sembilan Kelurahan Mendapat Bantuan Dinas Sosial Nabire

Sembilan Kelurahan Mendapat Bantuan Dinas Sosial Nabire

Dinas Sosial Kabupaten Nabire menyalurkan bantuan bahan pokok untuk sembilan kelurahan yang tersebar di Distrik Nabire. Sembilan kelurahan tersebut adalah Kelurahan Siriwini, Kelurahan Nabarua, Kelurahan Kalibobo, Kelurahan Karang Mulia, Kelurahan Oyehe, Kelurahan Morgo, Kelurahan Bumi Wonorejo, Kelurahan Karang Tumaritis serta Kelurahan Girimulyo.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Nabire, Papua Izak mengatakan, bantuan yang sedang didistribusikan bersumber dari dana APBD untuk program jaring pengamanan sosial pengadaan paket sembako dimasa pandemi korona sebesar 9 Miliar.

“Bantuan ini dipertukan bagi masyarakat yang tidak menerima BLT dan bantuan sosial lainnya selama tiga bulan terhitung Mei, Juni dan Juli,” ujar Izak saat ditemui Jubi di ruang kerjanya, Jumat (29/5/2020).

Ia menjelaskan, bantuan sebanyak 4.700 paket dibagikan kepada warga melalui masing-masing kelurahan. Selain sembilan kelurahan, paket 800 bahan pokok juga diberikan kepada Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA), para veteran dan panti asuhan yang didalamnya ada anak yatim, anak dari keluarga tidak mampu serta janda-janda veteran.

Sebanyak 4700 paket untuk sembilan kelurahan dan 800 paket untuk kelompok-kelompok rentan tersebut adalah jatah bantuan untuk bulan Mei 2020. Sehingga total bantuan sebanyak 5.500 paket.

Masing-masing paket terdiri dari beras lokal Nabire 20 kg, telur lokal Nabire satu rak, mie instan satu karton, sardines atau ikan kaleng (yang berukuran besar tiga kaleng sedangkan yang kecil enam  kaleng), teh celup satu pak, minyak  goreng 1500 ml, garam dapur satu bungkus, susu kental manis dua kaleng, rinso 290 gram satu bungkus, sabun mandi batangan dua buah, serta gula pasir 2 kg.

“Sembako ini ada 11 jenis barang. Kami rasa barang – barang ini sangat dibutuhkan di masa pandemi saat ini,” kata Izak.

Dirinya berharap kepada masyarakat penerima manfaat yang sudah terdaftar agar bersabar karena pihaknya akan mendistribusikan serta menyelesaikan tahap pertama untuk bulan Mei. Untuk bulan Juni dan Juli paket dan jenis yang sama akan Kembali diberikan.

“Kami harap bersabar dan akan kami distribusi ke kelurahan dan akan dilanjutkan oleh aparat di sana. Untuk dua bulan berikut juga jumlah paketnya sama,” harapnya.

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Nabire, Lorenzo Persulessy, menambahkan bahwa timnya telah menyelesaikan distribusi sembako untuk sembilan Kelurahan. Rencananya, semua distribusi harus diselesaikan pada 30 Mei sehingga awal juni sudah bisa masuk dengan kegiatan distribusi selanjutnya.

’’Semua sudah selesai untuk kelurahan tinggal sisa yang pesantren, … tapi Sabtu sudah kelar. Supaya kami kejar lagi untuk bulan depan,” tambahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar