Pendampingan Budidaya Perikanan Cegah Kelangkaan Pangan - Berita Papua

Breaking

Rabu, 20 Mei 2020

Pendampingan Budidaya Perikanan Cegah Kelangkaan Pangan

Pendampingan Budidaya Perikanan Cegah Kelangkaan Pangan

Pemerintah Kota Jayapura melalui Dinas Perikanan memastikan pendampingan dan pembinaan kepada para pelaku usaha budidaya perikanan tetap berjalan di tengah pandemi virus Corona.

“Hingga saat ini kami masih bekerja sebagaimana mestinya, meski diterapkan work from home atau bekerja dari rumah,” ujar Kepala Dinas Perikanan Kota Jayapura, Matheys Sibi, Senin (18/5/2020).

Menurut Sibi, pembinaan di bidang perikanan berdasarkan kebijakan yang ditetapkan Pemerintah Pusat agar kegiatan masyarakat yang bergelut dengan usaha pengembang biakan ikan tetap berjalan dalam pemenuhan ekonomi.

Sebanyak 300 orang pelaku usaha budidaya perikanan di Kota Jayapura yang bergerak di bidang keramba (tancap dan apung), petambak, dan budisaya air tawar (kolam tanah dan kolam bak terpal).

Agar kegiatan penyuluhan dan pendampingan berjalan dengan lancar, dikatakan Sibi, penyuluh perikanan dilibatkan untuk membantu pemberdayaan sehingga hasil panen ikan melimpah dan bernilai ekonomi.

“Pelaku usaha budidaya perikanan harus tetap bekerja dan menghasilkan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan pangan dan kebutuhan lainnya. Target budidaya perikanan 2020 sebanyak 12,745 ton,” ujar Sibi.

Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, mengatakan pemerintah terus memberikan perhatian baik bantuan dan pendampingan supaya menjadi pengusaha sebagai upaya peningkatan ekonomi dalam keluarga.

“Hasilkan dengan kualitas baik sesuai kebutuhan pasar sehingga memiliki pelanggan tetap dan menerapkan manajemen pengelolaan uang yang baik. Saya berharap tetap mematuhi imbauan pemerintah di tengah pandemi virus corona,” ujar Mano.

Tomi Mano berharap, agar setiap Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kota Jayapura agar terus melakukan pendampingan secara terus-menerus sampai mandiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar