Dua Rumah Sakit Menerima Bantuan Alat Kesehatan dari Dinas Kesehatan Papua - Berita Papua

Breaking

Minggu, 03 Mei 2020

Dua Rumah Sakit Menerima Bantuan Alat Kesehatan dari Dinas Kesehatan Papua

Dua Rumah Sakit Menerima Bantuan Alat Kesehatan dari Dinas Kesehatan Papua

Dinas Kesehatan Provinsi Papua mewakili Wakil Gubernur Papua Klementinal menyerahkan bantuan alat kesehatan ke dua rumah sakit di daerah itu yakni RSUD Youwari dan Rumah Sakit Dian Harapan (RSDH).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Roby Kayame di Jayapura, Sabtu, mengatakan mewakili Wakil Gubernur Provinsi Papua ia menyerahkan bantuan berupa hepa filter portable dan ventilator di Rumah Sakit Dian Harapan dan RSUD Youwari.

"Alat ini diharapkan bermanfaat untuk menolong saudara-saudara kita yang sakit di rumah sakit ini," kata Roby.

Alat itu diharapkan membantu tenaga medis menangani masalah kesehatan masyarakat khususnya dalam pengendalian pandemi COVID-19. "Bantuan ini adalah salah satu dari sejumlah bantuan yang diberikan Gubernur Papua Lukas Enembe dan Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal kepada 45 rumah sakit di 29 kabupaten dan satu kota di Papua," ujarnya.

Kemudian, kata dia, kepada 16 rumah sakit rujukan penanganan pasien COVID-19 di provinsi paling timur Indonesia ini. Dia menjelaskan bantuan hepa filter portable dan ventilator, alat pelindung diri, obat-obatan dan masker itu diprioritaskan di 16 rumah sakit rujukan pasien CIVID-19 ditambah dan 45 rumah sakit kabupaten/kota di Papua.

Khusus untuk Rumah Sakit Dian Harapan, menurut dia, Wakil Gubernur Papua memerintahkan Dinas Kesehatan Papua memberikan perhatian lebih untuk bisa dibantu dalam hal penganan penderita COVID-19 baik itu penanganan PDP, ODP maupun OTG.

Ia menyampaikan terima kasih kepada pihak rumah sakit dan klinik karena penanganan pasien COVID-19 cukup bagus, sehingga pasien corona bisa diobati dan sembuh. "Banyak yang tidak melalui Hepa Filter Portable dan ventilator, kita betul-betul bersatu agar supaya pandemi ini bisa berlalu," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Rumah Sakit Dian Harapan (RSDH), dr Ance Situmorang mengatakan, manajemen Rumah Sakit Dian Harapan mengucapkan terima kasih untuk dukungan dari bapak Wakil Gubernur Provinsi Papua, dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua.

"Ini bentuk suport dari pemerintah bagimana penanganan COVID-19 di Papua ini bisa berjalan dengan luar biasa. Kami juga berharap bahwa semua pasien yang dirawat di semua rumah sakit termasuk di RSDH bisa cepat pulih dan pandemi ini juga cepat berlalu," ujar Ance.

Menurut dia, hingga kini RSDH masih merawat tujuh orang pasien, dan rencananya kami akan membuka 30 tempat tidur khusus untuk pasien COVID-19 di RSDH. Ruangan yang dibuka, katanya, sifatnya macam-macam ada yang kohort dan juga singel room tergantung penempatannya.

Penempatannya, tambah dia, ada untuk pasien dalam pemantauan (PDP) dan ada yang khusus untuk orang dalam pemantauan disesuaikan dengan kebutuhan ruangannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar