TNI-Polri tindak tegas 8 Anggota KKB selama dua bulan terakhir - Berita Papua

Breaking

Jumat, 17 April 2020

TNI-Polri tindak tegas 8 Anggota KKB selama dua bulan terakhir

TNI-Polri tindak tegas 8 Anggota KKB selama dua bulan terakhir

Tim gabungan TNI Polri terus berupaya menciptakan kondusifitas di wilayah Papua. Salah satunya menindak tegas anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang kerap melakukan aksi teror kepada masyarakat di wilayah itu.

"Kami akan terus melakukan penegakan hukum secara tegas dan terukur dengan menugaskan anggota-anggota terbaik," ucap Kapolda Papua Irjen Pol. Paulus Waterpauw, melalui keterangan tertulis, Kamis (16/4/2020).

Selama bulan Maret-April 2020, lanjut Paulus, tim gabungan TNI/Polri telah melakukan penegakan hukum. Dari delapan anggota KKB, tujuh di antaranya tewas karena melawan petugas pada saat dilakukan penangkapan.

"Totalnya Ada 8 orang KKB dilakukan penegakan hukum. 7 diantaranya kita lakukan tindakan tegas dan terukur," kata Paulus.

Adapun kedelapan anggota KKB itu adalah Nico, Moni Waker, Lani Magay, dan Lera Magay, Tandi Kogoya, Manu Kogoya dan Ivan Sambom, dan Menderita Walia.

Pemberantasan terhadap KKB ini dilakukan lantaran mereka kerap melakukan aksi teror, bahkan menyerang perkantoran dengan menggunakan senjata api hingga menewaskan satu orang karyawan PT Freeport beberapa waktu lalu.

Dari tangan para pelaku teror itu tim gabungan TNI Polri berhasil mengamankan lima pucuk senjata api, magazine, peluru, senjata tajam, busur, dan jenis alat teror lainnya.

"Tak hanya itu, kami juga telah mengetahui dan memetakan tempat-tempat persembunyian mereka," kata dia.

Menurutnya, tindakan tegas ini membuktikan bahwa TNI-Polri serius memberantas keberadaan KKB karena meresahkan dan mengganggu keamanan serta ketertiban di Papua.

"Siapapun yang mencoba mengganggu keamanan serta ketertiban di Papua akan dilakukan tindakan tegas," ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar