APD dan Masker dari Jakarta TIba di Papua - Berita Papua

Breaking

Sabtu, 11 April 2020

APD dan Masker dari Jakarta TIba di Papua

APD dan Masker dari Jakarta TIba di Papua

Bantuan alat kesehatan untuk mendukung penanganan pandemi Covid-19 mendarat di Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, pada Jumat (10/4/2020). Sejumlah 3,4 ton alat kesehatan akan diserahkan kepada Satuan Tugas Covid-19 Papua, dan 1,2 ton sisanya akan dikirimkan ke Papua Barat.

Komandan Pangkalan Udara TNI AU Silas Papare di Sentani, Marsma TNI Tris Bowo Budi Santoso mengatakan bantuan alat kesehatan itu berupa Alat Pelindung Diri (APD) dan masker bagi tenaga kesehatan yang merawat Pasien dalam Pengawasan (PDP) dan pasien Covid-19.

Bantuan dari pemerintah pusat itu diangkuat dengan pesawat TNI AU. Menurutnya, bantuan itu diberangkatkan dari Jakarta pada Jumat dini hari. “Pesawat dari Jakarta pukul 04.00 WIB, langsung menuju Jayapura,” kata Tris.

Bantuan alat kesehatan bagi Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Papua itu terdiri dari 10 ribu buah APD, 5 ribu masker. “Bantuan alat kesehatan itu dikoordinasikan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 [tingkat] pusat. Mekanisme [pengirimannya] disampaikan kepada Panglima TNI, kemudian menyiapkan jadwal keberangkatan,” katanya.

Ia menyatakan 1,2 ton bantuan lainnya akan dikirimkan ke Manokwari, Papua Barat. “Hal ini sesuai dengan komitmen Kepala Staf Angkatan Udara bahwa kami siap mendukung penangulangan Covid-19. Inilah yang perlu diketahui masyarakat, TNI bukan tidur-tidur saja, tapi semangat membantu,” ujar Tris.

Ia menyatakan sudah memberitahu pemerintah daerah di Papua bahwa TNI AU dapat membantu pengangkutan bantuan alat kesehatan dari luar Papua. Pemerintah daerah yang membutuhkan bantuan pengangkutan itu bisa memberitahu dan berkoordinasi dengan TNI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar