Warga Papua tak perlu khawatir, karena ada yang lebih ganas daripada Virus Corona - Berita Papua

Breaking

Jumat, 06 Maret 2020

Warga Papua tak perlu khawatir, karena ada yang lebih ganas daripada Virus Corona

Warga Papua tak perlu khawatir, karena ada yang lebih ganas daripada Virus Corona

Adanya dua Warga Negara Indonesia (WNI) yang positif terjangkit virus Corona mengakibatkan seluruh warga di Indonesia termasuk Kabupaten Mimika mulai panik dan takut terpapar virus tersebut. Padahal, ada penyakit yang dinilai lebih berbahaya dari pada virus Covid-19 yang berasal dari China itu.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Reynold Ubra menyebut bahwa virus Corona tidak mudah menyebabkan kematian dan itu pun tergantung pada sistem imunitas tubuh penderita.

Ia justru lebih mengkhawatirkan masyarakat agar menjaga agar terhindar dari penyakit Tuberkulosis (TBC) dan Malaria. Karena ketika berhadapan dengan penderita TBC yang resisten akan terinfeksi.

"Mestinya masyarakat Mimika memilih jangan terkena TB resisten dan juga malaria," katanya.

Ketika seseorang sudah terinfeksi TBC, maka ia akan disuntik selama jangka waktu 12 bulan. Ia menambahkan, takutlah dengan TBC karena virus corona tidak mudah membunuh orang tergantung juga dari imunitas tubuh.

Menurutnya, bandar udara maupun pelabuhan laut sudah memberikan jaminan dengan melakukan pemeriksaan suhu tubuh bagi seluruh masyarakat yang hendak bepergian.

"Saya pikir pelabuhan udara, pelabuhan laut itu sudah menjamin itu, sekarang kita masuk kemana-mana berangkat sudah melakukan melewati pemeriksaan suhu tubuh. Itu screaning yang paling mudah. Jadi kita tidak usah takut orang yang terinfeksi namun kewaspadaan dini ini harus dibangun dari diri sendiri" tegas Reynold.

Kondisi di Wuhan pada bulan Desember dengan suhu yang hampir 40 derajat, jika dilihat kondisi tahun ini, suhu permukaan bumi naik satu derajat dan dimana-mana terjadi perubahan iklim menjadi lebih panas. Kita tidak perlu terlalu khawatir, yang harus kita khawatirkan adalah malaria dan TB resisten.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar