Siaga Corona, Papua Tutup Akses Penerbangan dan Pelayaran - Berita Papua

Breaking

Kamis, 26 Maret 2020

Siaga Corona, Papua Tutup Akses Penerbangan dan Pelayaran

Siaga Corona, Papua Tutup Akses Penerbangan dan Pelayaran

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua resmi menutup akses jalur penerbangan dan pelayaran ke Bumi Cendrawasih menyusul status siaga darurat virus corona di wilayah itu sejak 17 Maret lalu.

Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan, mulai 26 Maret hingga 9 April 2020, akses orang atau penumpang baik melalui laut maupun udara akan ditutup sementara, guna mencegah penyebaran virus corona di Papua.

"Namun untuk angkutan barang dan bahan makanan tetap akan dibuka," kata Gubernur Enembe seusai memimpin rapat Forkopimda terkait COVID-19 di Jayapura, dikutip Antara, Selasa (24/3).

Dia mengatakan, penutupan itu dilakukan hingga 14 hari ke depan dan akan diperpanjang bila terjadi peningkatan kasus.

Tidak ada istilah lockdown, kata Enembe, melainkan hanya pembatasan sosial. Dia menegaskan hal itu juga berlaku bagi penumpang kapal PT. Pelni, yang tidak akan diizinkan turun.

"Hanya barang yang diperbolehkan turun di bandara dan pelabuhan di Papua," katanya.

Pemprov Papua lewat hasil keputusan rapat tersebut juga meminta kepada masyarakat agar tetap berada di rumah agar penyebaran Covid-19 bisa ditekan. Ia berharap warga bisa berinisiatif untuk melakukan karantina diri sendiri atau membatasi pergerakan di luar rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar