Pemkot Jayapura Pecahkan Rekor MURI Penyajian Papeda Terpanjang - Berita Papua

Breaking

Minggu, 08 Maret 2020

Pemkot Jayapura Pecahkan Rekor MURI Penyajian Papeda Terpanjang

Pemkot Jayapura Pecahkan Rekor MURI Penyajian Papeda Terpanjang

Sajian makan papeda bungkus terbanyak dan terpanjang yang diselanggarakan Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura sukses tercatat masuk dalam Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Sebab sebanyak 11 ribu bungkus papeda sepanjang 110 meter ini disajikan kepada seluruh masyarakat Kota Jayapura bersamaan kegiatan Karnaval Pawai Budaya Port Numbay di Lapangan Trisila Lantamal X, Kota Jayapura, Papua, Kamis, 5 Maret 2020.

Makan papeda terbanyak dan terpanjang ini tercatat dalam MURI setelah diverifikasi, diukur, dan dihitung jumlahnya pihak MURI. “Kami catat sebagai rekor dunia dan sebagai simbol kami serahkan kepada pegagas kegiatan ini, yaitu Bapak Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano” jelas Senior Manajer MURI, J. Ngadri.

Untuk karnaval budaya, kontingen yang turut memeriahkan kegiatan Karnaval Pawai Budaya Port Numbay ini sebanyak 51 kontingen, terdiri paguyuban nusantara, paguyuban Papua, kampung-kampung di Port Numbay dan komunitas. Total keseluruhannya mencapai 1.523 orang.

Setelah menyaksikan rangkaian kegiatan menyambut HUT ke-110 Kota Jayapura, Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano sangat terharu atas persembahan budaya tarian-tarian dari paguyuban nusantara, paguyuban Papua, kampung-kampung di Port Numbay, maupun komunitas yang ada di Kota Jayapura.

“Ini pertanda ketua paguyuban menghormati Kota Jayapura sebagai rumah kita bersama untuk dipersatukan. Momen ini adalah wujud kebersamaan kita di Kota Jayapura ini,” kata Benhur.

Benhur juga mengajak semua paguyuban di Kota Jayapura untuk tetap menjaga kebersamaan namun tidak melupakan kampung halaman dengan budaya dan makanan khas di masing-masing daerah. “Saat ini sajian makanan kita ditetapkan sebagai rekor muri, dan papeda-papeda ini kami bawa dari masing-masing kampung di Kota Jayapura,” jelasnya.

Benhur juga mengharapkan semua warga Kota Jayapura tetap menjaga dan tingkatkan toleransi umat beragama di Kota Jayapura. “Ini rumah kita, ini honai kita, mari kita memeriahkan HUT Kota Jayapura ini. Tuhan berkati kita semua,” katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar