Kodam Cenderawasih Antisipasi Virus Corona di Papua - Berita Papua

Breaking

Senin, 23 Maret 2020

Kodam Cenderawasih Antisipasi Virus Corona di Papua

Kodam Cenderawasih Antisipasi Virus Corona di Papua

Pemerintah Daerah Papua menggelar rapat koordinasi penanganan virus corona (covid-19) di wilayah Papua. Pangdam XVII/Cendrawasih Mayor Jendral TNI Herman Asaribab dalam rapat tersebut memaparkan sejumlah langkah dan persiapan dalam menangani wabah virus covid-19 di seluruh wilayah Papua dan Papua Barat.

TNI Angkatan Darat mengatakan, khususnya Kodam XVII/Cenderawasih telah mengambil sejumlah langkah penanganan penyebaran virus Covid-19. Misalnya dengan mendirikan posko pemantauan dan Posko Siaga Penanganan Virus Corona, di Rumah Sakit Marthen Indey Jayapura.

"Kami menyediakan 5 ruang pengawasan untuk pasien yang sudah suspect serta 30 tempat tidur untuk dijadikan tempat perawatan pasien yang dinyatakan positif corona," kata Herman, Sabtu (21/3).

Tak hanya itu, Herman juga mengaku pihaknya telah menyediakan tim khusus untuk menangani pasien yang telah dinyatakan positif terpapar virus covid-19 ini. Dalam kesempatan itu, Herman juga berharap seluruh stakeholder di Papua dan Papua Barat bisa menghilangkan ego sektoral masing-masing.

Justru, kata dia, semua elemen pemerintah harus siap bersama-sama dalam penanganan wabah ini. Apalagi, Papua sendiri telah dinyatakan status siaga dalam menghadapi wabah virus tersebut.

"Saya berharap kita semua harus kompak dalam mendukung pemberantasan virus covid-19, bukan hanya kompak dalam sektoral masing-masing, tetapi kompak dalam cegah dini dan deteksi dini untuk mengantisipasi perkembangan virus tersebut di Provinsi Papua," kata dia.

Dia menyinggung penyebaran wabah yang telah masuk ke Indonesia sejak dua minggu lalu ini dengan cepat merambah negara-negara di dunia.

"Virus ini telah merebak diseluruh dunia, yang kita pikirkan saat ini adalah bagaimana caranya kita semua untuk mencegah dan mengobati apabila virus ini sudah masuk ke wilayah Papua," kata Herman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar