Hindari Virus Korona, Perbatasan Negara RI-Papua Nugini Ditutup - Berita Papua

Breaking

Selasa, 03 Maret 2020

Hindari Virus Korona, Perbatasan Negara RI-Papua Nugini Ditutup

Hindari Virus Korona, Perbatasan Negara RI-Papua Nugini Ditutup

JAYAPURA - Pintu gerbang perbatasan Negara Indonesia-Papua Nugini di Skow Distrik Muara Tami Kota Jayapura ditutup sementara oleh pihak PLBN (Pos Lintas Batas Negara). Penutupan gerbang ini menyusul makin merambaknya virus Korona di hampir seluruh dunia.

Dansatgas Yonif 713/ Satya Tama, Letkol Inf. Dony Gredinand dikonfirmasi membenarkan penutupan gerbang perbatasan Negara tersebut.
"Penutupan itu sudah dari awal-awal virus itu tersiar. Marak-maraknya virus itu, sekitar empat atau lima hari setelahnya itu sudah ditutup, tanggal 2 Februari itu. Pihak perbatasan PNG yang duluan menutup," kata Dony, Senin (2/3/2020).

Dijelaskan, penutupan gerbang negara tersebut dilakukan sebagai upaya untuk menghindari mewabahnya virus yang telah mematikan ribuan orang di dunia.

"Lebih pada menghindari penyebaran virus itu ya. Itu wewenang pihak perbatasan dan lainnya, kami hanya memonitor," katanya.

Diakui Dony, akibat penutupan gerbang perbatasan negara tersebut, aktivitas jual beli di Pasar Skow yang berjarak hanya sekitar 50 meter dari gerbang perbatasan menjadi itu sepi. Dikatakan, aktivitas jual beli hanya warga Indonesia yang berada di perbatasan.

"Ya hanya warga kita saja yang jual beli disana. Kita menunggu seperti apa nantinya, karena memang belum ada pertemuan terkait itu antara RI PNG, dari konsulat juga belum," ucapnya.

Dony juga mengatakan akibat mewabahnya virus mematikan dari Wuhan Cina tersebut, akitivitas patroli bersama antara Satgas perbatasan Yonif 713/ST dan Tentara PNG sementara ditiadakan.

"Kita hanya komunikasi dengan radio saja, patroli patok bersama untuk sementara belum dulu," pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar