Surfing di Kota Ombak Papua, Indonesia - Berita Papua

Breaking

Sabtu, 08 Februari 2020

Surfing di Kota Ombak Papua, Indonesia

Surfing di Kota Ombak Papua, Indonesia

Sarmi bukanlah sebuah kota besar seperti Jayapura yang dikenal banyak orang. Sarmi hanyalah sebuah kota kecil yang masih berkembang namun menyimpan banyak sekali keindahan terutama pantainya.
.
Salah satu yang terkenal dari kota yang berbatasan dengan Samudra Pasifik ini adalah ombaknya. Oleh sebab itu Sarmi sering dijuluki Kota Ombak. Kondisi topografi pantai, kuantitas dan kualitas ombak Sarmi sangat bagus untuk berselancar atau surfing.
.
Perairan Kabupaten Sarmi terletak di sebelah utara Papua dan langsung berhubungan dengan Laut Pasifik. Kondisi seperti ini menyebabkan daerah ini lebih cenderung dipengaruhi oleh aktivitas dari lautan tersebut, disamping pengaruh-pengaruh yang berasal dari aliran sungai-sungai yang ada di sepanjang pesisir.
.
Peneliti dari Balai Arkeologi Papua, Hari Suroto mengatakan potensi perairan di Kabupaten Sarmi sangat cocok untuk pengembangan wisata berselancar atau surfing karena kualitas ombaknya yang bagus.
.
"Banyak sekali peselancar dalam dan luar negeri yang mengagumi ombak hebat Sarmi, yang akan membawa mereka ke puncak adrenaline," ujarnya. Namun, kata dia, potensi ini belum didukung oleh sarana dan prasarana pariwisata yang memadai seperti homestay atau pusat informasi yang mempromosikan potensi wisata surfing.
.
Nama Sarmi adalah singkatan dari nama suku-suku besar yang terdapat di wilayah ini, yakni Sobey, Armati, Rumbuai, Manirem, dan Isirawa. Terdapat 87 bahasa yang digunakan di Sarmi. Sehingga bisa disimpulkan terdapat puluhan suku yang berdiam di sini.
.
Ditinjau dari kondisi kontur dasar laut dari garis pantai maka kondisi topografi pesisir Kabupaten Sarmi cenderung curam. Pada beberapa pulau seperti Pulau Liki, Wakde, Yamna dan Podena, pantainya berpasir putih, dengan warna laut biru di sekitar pulau, serta panorama bawah air yang indah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar