Mabes Polri siapkan personel bantu pengamanan PON Papua - Berita Papua

Breaking

Minggu, 23 Februari 2020

Mabes Polri siapkan personel bantu pengamanan PON Papua

Mabes Polri siapkan personel bantu pengamanan PON Papua
Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia siap mengirim tambahan personel untuk membantu pengamanan agenda Pekan Olahraga Nasional XX yang akan berlangsung pada 20 Oktober hingga 2 November 2020 di Provinsi Papua. Kapolri sudah siapkan pasukan untuk perkuatan pengamanan menghadapi agenda PON XX Papua.

“Saat kunjungan kerja di Papua beberapa hari lalu Bapak Kapolri sudah menyatakan berapa pun anggota yang Kapolda Papua minta akan dipenuhi,”  kata Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw di Timika, Jumat, (21/2/2020).

Waterpauw mengaku menyiapkan 4.500 personel untuk pengamanan PON XX Papua yang akan berlangsung di empat kota yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Timika dan Merauke. “Termasuk dalam jumlah 4.500 personel itu yakni pasukan Brimob Nusantara yang diperbantukan dari Polda-Polda lain di Indonesia,” kata Waterpauw yang menyebut perkuatan pengamanan itu agenda PON XX Papua harus sukses.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen, Raden Prabowo Argo Yuwono mengajak seluruh warga Papua ikut membantu menjaga keamanan selama penyelenggaraan PON XX. “Situasi keamanan selama perhelatan PON XX Papua menjadi barometer bagi pemerintah daerah Papua,” kata Argo.

Menurut dia selama penyelenggaraan event olahraga empat tahunan itu situasi kamtibmas di Papua kondusif, maka hal itu akan menjadi tolok ukur bagi semua pihak bahwa Papua aman untuk segala kegiatan, termasuk investasi. Keamanan penyelenggaraan PON XX Papua menjadi modal penting bagi pemerintah daerah untuk adanya investasi bisa masuk ke Papua.

“Kalau ada investasi masuk ke Papua tentu akan berdampak pada upaya peningkatan kesejahteraan rakyat Papua,” kata Argo menjelaskan.

Tercatat jumlah keseluruhan personel pengamanan kegiatan PON XX Papua sebanyak 8.635 orang yang merupakan gabungan pengamanan oleh TNI dan Polri. Selain mengamankan lokasi atau venue PON, Argo mengatakan para personel gabungan TNI dan Polri akan memberikan pengawalan kepada setiap kontingen atau peserta PON mulai dari tempat penginapan hingga lokasi pertandingan agar para atlet yang akan bertanding benar-benar merasakan situasi yang aman dan nyaman.

“Personel pengamanan juga akan ditempatkan pada pusat-pusat perbelanjaan yang akan didatangi oleh para atlet, official maupun suporter dari masing-masing daerah dan tempat-tempat strategis lainnya seperti lokasi wisata dan lainnya,” katanya. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar