Tak Sanggup Hadapi Aparat, KKB Lari Ke Hutan - Berita Papua

Breaking

Selasa, 14 Januari 2020

Tak Sanggup Hadapi Aparat, KKB Lari Ke Hutan

Tak Sanggup Hadapi Aparat, KKB Lari Ke Hutan

Setelah dua hari lalu kelompok kriminal bersenjata (KKB) menyerang anggota Brimob di Kenyam, Nduga, mereka kembali menyerang rombongan bus karyawan PT Freeport Indonesia pada senin pagi. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Pasca penembakan itu, terjadi kontak senjata antara anggota Brimob dan KKB. Kontak senjata berakhir saat kelompok bersenjata itu kabur dan melarikan diri ke hutan. Aksi melarikan diri ke hutan adalah strategi KKB untuk menghindari serangan balik dari aparat keamanan.

Diketahui telah terjadi 23 Kasus Penembakan oleh KKB Papua Selama 2019 Polda Papua menyebut, selama 2019, terjadi 23 kasus penembakan yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di sejumlah wilayah di Papua.

"Kasus tersebut terjadi di wilayah Polres Puncak Jaya, Polres Jayawijaya, Polres Mimika dan Polres Paniai," ujar Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw.

Paulus mengungkapkan pada 2019 lalu muncul kelompok KKB baru yang mulai beraksi mengganggu situasi keamanan. Nama Egianus Kogoya ia sebut sebagai kelompok baru yang muncul pada akhir 2018 dan semakin sering melakukan aksinya di 2019 hingga sekarang.

Pada 2020 ini, Polda Papua memastikan akan terus meningkatkan sinergitas dan keterpaduan dengan stakeholder dan para tokoh guna menciptakan situasi keamanan yang kondusif. Walaupun ini sangat sulit, karena setiap selesai menjalankan aksinya, kelompok KKB selalu kabur ke hutan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar