Sejumlah Tokoh Cari Solusi tuk Penyelesaian Konflik di Papua - Berita Papua

Breaking

Senin, 27 Januari 2020

Sejumlah Tokoh Cari Solusi tuk Penyelesaian Konflik di Papua

Mencari Solusi Untuk Penyelesaian Konflik di Papua

Melihat tak kunjung selesainya konflik yang terjadi di Papua, sejumlah tokoh pemuda di Papua menggelar diskusi untuk mencari solusi penyelesaian masalah tersebut.

Hadir dalam diskusi  16 pembicara diantaranya Gubernur Papua Lukas Enembe, Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab, Kapolda Papua, Irjen Polisi, Drs. Paulus Waterpau dan Ketua MRP Papua, Ketua MRP Papua Barat.

Dalam kesempatan itu, Tokoh Pemuda Papua Samuel Tabuni mengatakan, diskusi ini digelar sebagai respons menyikapi berbagai rentetan konflik kemanusiaan yang terjadi di Papua.

Selain membahas konflik kemanusiaan, diskusi ini juga membahas kejelasan rancangan undang-undang otonomi khusus yang masuk dalam tahapan Prolegnas (program legislasi nasional) 2020.

“Acara ini digelar untuk mencari solusi penyelesaian konflik Papua secara menyeluruh dan bermartabat. Saya sendiri dari Nduga, dan saya menyuarakan suku bangsa saya ini kemana-mana karena mereka dari bagian kehidupan saya,” kata Samuel Tabuni.

Sementara itu, Asisten I Sekda Provinsi Papua, Doren Wakerwa menyambut baik adanya diskusi ini. Menurutnya, masalah yang terjadi di Papua bukan hal yang baru pertama kali terjadi. selaku kepala daerah di provinsi Papua yang meminta Masyarakat Papua menyelesaikan semua masalah dengan baik.

“Masalah bukan muncul sekarang tapi sejak lahir integrasi itu sudah ada masalah di Provinsi Papua ini, selesaikan masalah mengedepankan kasih sayang dan hati, karena dengan hati seluruh masalah di atas tanah Papua bisa diselesaikan dengan baik” kata Asisten I Sekda Papua Doren Wakerwa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar