PON 2020 jadi ajang tunjukkan talenta Papua kepada dunia - Berita Papua

Breaking

Senin, 20 Januari 2020

PON 2020 jadi ajang tunjukkan talenta Papua kepada dunia

PON 2020 jadi ajang tunjukkan talenta Papua kepada dunia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin rapat terbatas (ratas) dengan jajarannya untuk membahas penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua tahun 2020. Ratas tersebut digelar di Kantor Presiden, Jakarta, pada Jumat (17/1/2020).
.
"Penyelenggaraan PON XX tahun 2020 yang akan berlangsung di Papua tanggal 20 Oktober hingga 2 November 2020 sudah sangat dekat sekali, oleh sebab itu rapat terbatas ini melanjutkan dari rapat yang lalu," kata Presiden Jokowi.
.
Dalam arahannya, Presiden Jokowi mengatakan semangat dari penyelenggaraan PON di Papua ini bukan hanya sebagai ajang kompetisi olahraga semata. Hal yang paling penting menurutnya, juga sebagai arena untuk memperkuat jalinan persaudaraan, jalinan persatuan, dan solidaritas antardaerah.
.
Tidak lupa Presiden menyinggung tentang salah satu tujuan diadakannya PON di Papua. "Sekaligus menunjukkan kepada dunia bahwa Tanah Papua banyak lahir talenta-talenta yang hebat di bidang olahraga," tutur Jokowi.
.
Secara khusus, Presiden meminta laporan dari Wakil Gubernur Papua mengenai perkembangan penyiapan infrastruktur yang sudah ada di lokasi penyelenggaraan. Penyelenggaraaan PON XX sendiri akan dipusatkan di empat daerah, yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.
.
Di penghujung pengantarnya, Kepala Negara berpesan agar pembangunan infrastruktur pendukung tidak hanya dimanfaatkan untuk penyelenggaraan PON XX saja. Presiden ingin agar fasilitas-fasilitas tersebut bisa digunakan juga untuk kegiatan lain pascapenyelenggaraan PON.
.
"Jangan sampai sarana dan prasarana olahraga yang sudah dibangun dengan biaya yang tidak sedikit justru tidak dimanfaatkan lagi karena tidak terawat. Karena itu saya menegaskan lagi agar Gubernur Papua, Provinsi Papua membuat rencana pemanfaatan sarana dan prasarana olahraga ini terutama untuk pembinaan bibit-bibit unggul anak-anak Papua di bidang olahraga," tandasnya.
.
Sementara di lain tempat, Gubernur Papua, Lukas Enembe menyampaikan, demi kebanggaan Papua sebagai tuan rumah PON XX tahun 2020, maka diperlukan satu visi dan misi kita bersama, bersatu, bekerja menata pembinaan prestasi atlit Papua secara konprehensif untuk mengangkat harkat dan martabat daerah Papua menuju “sukses PON XX dan Sukses Prestasi”.
.
“Marilah kita songsong PON XX tahun 2020 sebagai tuan rumah yang baik, memperkenalkan Papua yang unik baik budayanya, tarian, ukiran dan keindahan alamnya menjadi pesona tersendiri bagi kontingen yang datang dari berbagai provinsi di indonesia,” tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar