Pelarangan Menggunakan Koteka Bukan Berarti Ada Diskriminasi Kepada Orang Papua - Berita Papua

Breaking

Kamis, 23 Januari 2020

Pelarangan Menggunakan Koteka Bukan Berarti Ada Diskriminasi Kepada Orang Papua

Pelarangan Menggunakan Koteka Bukan Berarti Ada Diskriminasi Kepada Orang Papua

Terdakwa aktivis Papua yang mengenakan koteka saat sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat tidak melanggar hukum, karena yang dikenakan merupakan bagian dari budaya Indonesia.  . Hanya saja, apa yang dilakukan aktivis Papua tersebut mungkin lebih relevan jika dilakukan di persidangan Pengadilan Negeri Papua.

Larangan memakai koteka dalam sidang bukan berarti ada diskriminasi kepada orang Papua. Jangan menyalahartikan definisi diskriminasi itu sendiri. Semua institusi punya aturan sendiri, pemakaian koteka dirasa tidak tepat dalam acara persidangan, buktinya banyak media yang memblur foto koteka.

Terdakwa menyebut, larangan memakai koteka adalah diskriminasi, larangan menggunakan koteka dalam sidang bukan karena diskriminasi, karena setiap isntirusi punya aturan sendiri yang harus dipatuhi. Bukankah Koteka digunakan dalam acara adat? Tak perlu memakai Koteka jika tujuannya hanya akan menimbulkan kontroversi, dan bukan sebagai identitas Papua.

Pemakaian koteka dalam persidangan adalah suatu hal yang tak lazim. karena koteka hanya digunakan dalam acara adat atau acara resmi. Ini bukan diskriminasi kepada orang Papua, melainkan adanya aturan tentang kesopanan dalam berbusana. Tidak ada niatan yang menunjukkan sikap diskriminasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar