Komisaris Tinggi bidang HAM PBB, Michelle Bachelet Mengaku Prihatin Dengan Kondisi Papua - Berita Papua

Breaking

Sabtu, 11 Januari 2020

Komisaris Tinggi bidang HAM PBB, Michelle Bachelet Mengaku Prihatin Dengan Kondisi Papua

Komisaris Tinggi bidang HAM PBB, Michelle Bachelet Mengaku Prihatin Dengan Kondisi Papua

Melihat kondisi terkini di wilayah paling timur Indonesia, Komisaris Tinggi bidang HAM Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Michelle Bachelet angkat bicara soal kericuhan yang ditimbulkan oleh kelompok separatis Papua. Ia mengaku prihatin dengan kondisi  tersebut.

“Saya merasa terganggu dengan meningkatnya kekerasan di Papua dan Papua Barat selama dua pekan belakangan, terutama dengan adanya kematian beberapa demonstran dan aparat keamanan," tutur Michelle dalam rilisan resminya yang diterima KBR, Rabu (4/9/2019).

Ternyata selama ini Michelle sudah mengamati isu Papua bahkan sejak Desember 2018. Saat itu terjadi penembakan terhadap pekerja proyek Trans Papua di Kabupaten Nduga yang menewaskan puluhan pekerja proyek.

"Kami telah mendiskusikan keprihatinan kami dengan pihak berwenang Indonesia. Seharusnya tidak ada tempat untuk kekerasan macam itu di Indonesia yang demokratis dan beragam," kata Michelle.

Michelle mendorong pihak berwenang di Indonesia berdialog dengan rakyat Papua dan Papua Barat, untuk mengetahui aspirasi mereka. Selain itu, ia berharap segera ada pemulihan layanan internet di dua provinsi tersebut.

"Pemblokiran internet bertentangan dengan kebebasan berekspresi, dan membatasi komunikasi dapat memperburuk ketegangan,” katanya lagi.

Michelle juga mendorong pemerintah Indonesia melindungi aktivis pembela HAM, pelajar dan jurnalis dari intimidasi, serta menahan diri dari penggunaan kekuatan berlebihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar