JEMPOL Disdukcapil Mimika Tetap Melayani Saat Libur Natal dan Tahun baru - Berita Papua

Breaking

Rabu, 01 Januari 2020

JEMPOL Disdukcapil Mimika Tetap Melayani Saat Libur Natal dan Tahun baru

JEMPOL Disdukcapil Mimika Tetap Melayani Saat Libur Natal dan Tahun baru

Libur Natal dan tahun baru 2020, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdikcapil) Kabupaten Mimika tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat Mimika yang ingin mengurus administrasi kependudukan.
.
Demikian disampaikan Kepala Disdukcapil Mimika, Slamet Sutedjo yang ditemui media di ruang kerjanya di Kantor Puspem Kabupaten Mimika,  Jalan poros Kuala Kencana Sp3, Senin (30/12).
.
Ia menyampaikan dalam rangka menyambut Natal 2019 dan tahun baru 2020 secara resmi itu libur, akan tetapi Disdukcapil Kabupaten Mimika tetap dan terus melakukan pelayanan kepada masyarakat, melalui program jemput bola (jempol).
.
“Ini memang kita lakukan pada saat hari- hari libur, karena mengingat di hari libur ini banyak masyarakat Mimika yang sedang melakukan pendidikan di luar daerah dan momen libur begini adalah momen mereka kembali. Ada juga yang datang berlibur namun sekalian untuk mengurus administrasi. Mereka mau datang ke kantor sedangkan kantor libur, maka dari itu kita sengaja merancang program itu untuk membantu dan mempermudah masyarakat untuk mengurus administrasi kependudukan,“ tutur Slamet.
.
Dikatakan untuk program jempol masih akan terus berjalan.  Pada awal tahun 2020, program jempol akan dilakukan di Distrik Wania pada tanggal 3 Januari. Tanggal 4 Januari di Mapurujaya dan program tersebut masih akan terus berjalan, hingga terlayani masyarakat yang ada di pedalaman baik itu di pesisir maupun di pegunungan.
.
“Jempol adalah Program akhir tahun untuk menjawab libur Natal dan tahun baru. Tapi ini sebetulnya kami juga siapkan untuk menjawab car free day (hari tanpa kendaraan) yang merupakan bagian dari smart city. Jika car free day sudah mulai berjalan maka pelayanan disdukcapil akan selalu stay di situ, dimana untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan. Masyarakat bisa mengurus administrasi kependudukan dengan bersantai dan berolahraga," tuturnya.
.
Selain itu, pelayanan Jempol juga akan dilakukan keliling. Saat ini Disdukcapil telah melakukan kerjasama dengan LMPAK untuk melakukan pelayanan kepada masyarakat yang ada di kampung- kampung dan juga Distrik yang ada di pedalaman baik itu di pegunungan  maupun yang ada di pesisir.
.
“Data penduduk itu fluktuatif dan berbeda setiap saat. Dalam satu hari saja data itu akan mengalami perubahan baik itu bertambah atau berkurang.  Saat ini juga data pelayanan Disdukcapil sudah dikonekkan pada Command Center, di situ pimpinan (Bupati) juga bisa mengetahui berapa penduduk yang masuk dan ke luar,” tuturnya.
.
Selain melayani masyarakat dengan program jempol, Disdukcapil juga menyediakan operasi layanan administrasi online (Orlando). Layanan tersebut masyarakat bisa mengkasesnya melalui WhattsAp. Dan itupun  kata Kadisdukcapil  sudah running dan  sudah berjalan. Pastinya masyarakat akan menggunakan itu.
.
“Dengan begitu kita berharap masyarakat dalam mengurus administrasi tidak perlu untuk mengantri dan tidak perlu lama. Kami akan selalu siap baik itu hari libur akan tetap siap," tuturnya.
.
“Tidak hanya Orlando ada juga LALA PU KAKA (Lahir Langsung Dapat Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, dan KIA). Ke depan kami akan memperbaiki itu , dimana target kita dimana ada BTS, maka pelayanan online akan juga berlaku di situ. Kami juga mendorong peran dari Distrik untuk bisa membantu,” ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar