Presiden Jokowi: Papua Perlu Lebih Diperhatikan - Berita Papua

Breaking

Selasa, 03 Desember 2019

Presiden Jokowi: Papua Perlu Lebih Diperhatikan

Presiden Jokowi: Papua Perlu Lebih Diperhatikan 

Presiden Joko Widodo menegaskan, Provinsi Papua dan Papua Barat akan menjadi proritas untuk lebih diperhatikan di masa pemerintahannya.
.
Presiden mengatakan hal itu dalam wawancara bersama Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas, Budiman Tanuredjo.
.
Menurut Jokowi, pembangunan di era pemerintahannya, tak lagi Jawa sentris, tetapi merata di seluruh Indonesia. Kepala Negara mengistilahkannya dengan "Indonesia sentris"
.
Semua provinsi, kata mantan gubernur DKI Jakarta ini, memiliki hak yang sama untuk menikmati pembangunan. "Baik di bidang infrastruktur, bidang kesehatan, dan bidang lain. Saya melihat Papua memang perlu lebih diperhatikan," ujar Jokowi.
.
Pemerintah, kata Jokowi, ingin mendahulukan pembangunan Papua di segala bidang. "Karena ya memang ketertinggalan yang ada ini harus kita kejar," tutur Presiden.
.
Dalam kesempatan itu, Jokowi mengaku, Papua adalah salah satu provinsi yang paling banyak dia kunjungi. Termasuk menengok daerah yang dahulu tak pernah tersentuh. Misalnya, Kabupaten Nduga. Jokowi mengatakan sudah dua kali melakukan kunjngan kerja ke kabupaten tersebut.
.
"Kalau boleh saya infomasikan, saat itu tidak diperbolehkan oleh Panglima TNI dan Kapolri karena urusan keamanan," ujar Jokowi. "Tetapi saya sampaikan karena Nduga itu masuk dalam wilayah NKRI, sehingga saya perlu tahu kondisinya seperti apa, keadaannya," tutur Jokowi.
.
Jokowi menegaskan, Papua akan terus menjadi perhatiannya. Bukan hanya akan dibangun secara fisik, namun pemerintah akan merangkul masyarakat di provinsi paling timur itu dengan pendekatan kesejahteraan.
.
"Karena itulah yang kita lakukan. Pendekatan kesejahteraan bukan yang lain-lainya," tukas Jokowi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar