Polda Papua Butuh Personil Polisi Lebih Banyak - Berita Papua

Breaking

Senin, 30 Desember 2019

Polda Papua Butuh Personil Polisi Lebih Banyak

Polda Papua Butuh Personil Polisi Lebih Banyak

Kurangnya personel Polri di jajaran Polda Papua membuat beberapa kasus membutuhkan bantuan personel dari polda lain. Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw, meminta jajarannya untuk merencanakan penerimaan personel Polri yang cukup di Papua dengan merekrut putra-putra terbaik Papua.

"Seperti kejadian pada Agustus lalu, kita harus mendatangkan personel bantuan Nusantara. Kalau personel kita cukup di sini tidak perlu ada bantuan dari polda lain," ujar Paulus Waterpauw di Mapolda Papua, Sabtu (28/12/2019).

Beliau mengeluhkan jumlah personel Polda Papua berikut jajarannya pada 2019 hanya sebanyak 11.984 orang. Dengan luas wilayah 317.062 km2 dan jumlah penduduk 2.612.854 orang, Paulus menyebut Polda Papua butuh lebih banyak lagi personil, sekitar 11 ribu personel lagi ungkapnya.

"Saya minta untuk memenuhi 11.085 personel supaya dibuat perencanaan yang baik untuk tahun depan," sebut Paulus.

Selain penambahan jumlah anggota, mantan Kapolda Sumatera Utara itu ingin jajarannya melakukan peningkatan kapasitas personel dengan melakukan Pendidikan Pengembangan Umum (Dikbangum), Pendidikan Pengembangan Spesialis (Dikbangspes), pelatihan fungsi serta pendidikan dan latihan kerja sama dengan IOM (Diklat Lugri).

Dalam laporan refleksi akhir 2019 Polda Papua, Paulus mengatakan kejahatan yang menonjol di Papua selama 2019 ialah ancaman keamanan dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Selama 2019, kejahatan yang dilakukan KKB sebanyak 23 kasus, terjadi di Polres Puncak Jaya, Polres Jayawijaya, Polres Mimika, dan Polres Paniai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar