Pemerintah Siapkan Rp 13 Triliun untuk Pembangunan Papua - Berita Papua

Breaking

Rabu, 11 Desember 2019

Pemerintah Siapkan Rp 13 Triliun untuk Pembangunan Papua

Pemerintah Siapkan Rp 13 Triliun untuk Pembangunan Papua 

Pemerintah telah menyiapkan anggaran mencapai Rp 13 trilun untuk pembangunan Papua yang dialokasikan dalam Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2020.
.
Dalam RAPBN tersebut disebutkan, dana otonomi khusus sebesar Rp 8,374 triliun akan dibagi dua pemanfaatannya. Pertama, sebesar Rp 5,861 triliun untuk Papua.
.
Kedua, sebesar Rp 2,512 triliun untuk Papua Barat. Selain dana otonomi khusus, pemerintah juga menggelontorkan dana lain untuk pembangunan Papua sebesar Rp 4,68 triliun.
.
Dikutip dari website Sekretariat Kabinet, Selasa (20/8), dana tersebut ditujukan untuk tambahan pembiayaan infrastruktur dalam rangka otonomi khusus Papua dan Papua Barat. Selain untuk Papua, pemerintah juga menggelontorkan dana untuk dua daerah lain.
.
Sementara itu saat menyampaikan keterangan pemerintah atas RUU APBN Tahun Anggaran 2020 Beserta Nota Keuangannya di hadapan Sidang Paripurna Gabungan DPR RI dan DPD RI, di Senayan, Jakarta, Jumat (16/8), Presiden Joko Widodo mengatakan belanja negara pada 2020 difokuskan untuk mengurangi ketimpangan antar wilayah.
.
Oleh karena itu, pemerintah akan melanjutkan pengembangan berbagai kawasan ekonomi di luar Jawa, melanjutkan industrialisasi dalam bentuk hilirisasi hasil tambang maupun perkebunan. Pemerintah juga akan mengembangkan beberapa wilayah metropolitan di luar Jawa, supaya bisa menjadi sumber ekonomi baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar