Oknum Kembali Manfaatkan Situasi di Yahukimo - Berita Papua

Breaking

Jumat, 20 Desember 2019

Oknum Kembali Manfaatkan Situasi di Yahukimo

Oknum Kembali Manfaatkan Situasi di Yahukimo

Sejumlah lapak para pedagang di Jalan Gunung, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo dibakar massa, setelah sebelumnya seorang anggota polisi meninggal dunia dikeroyok warga, pada Rabu malam (18/12). Terkait situasi ini, Kapolda Papua, Irjen Polisi Paulus Waterpauw sebut ada oknum yang berusaha memanfaatkan situasi di Kabupaten Yahukimo.

"Tadi malam ada oknum yang membakar lapak yang ada di Yahukimo, tapi tadi pagi, Kamis (19/12), Kapolres sudah menyampaikan situasi masih terkendali. Menurut saya ada orang yang sengaja memanfaatkan situasi di Yahukimo," kata Paulus, Kamis (19/12).

Usai memimpin apel gelar pasukan Opersi Lilin Matoa 2019 di Lapangan Brimob Kotaraja, Kota Jayapura, Paulus mengatakan, pihaknya akan mengirim satu unit tim penyidik ke Kabupaten Yahukimo untuk membantu mengungkap pelaku utama yang memprovokasi keributan dan membakar lapak para pedagang di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo itu.

"Pada prinsipnya siapa yang berbuat dia yang bertanggungjawab. Ini negara hukum. Prioritas kami yang pertama mengevakuasi korban polisi (anggota Brimob Polda Riau) yang meninggal dunia untuk diantar ke kampung halamannya di Riau," ujarnya.

Kejadian di Yahukimo, menjadiakan duka mendalam, sebab sangat tak terduga dan kejadian kemarin itu bukan mobilisasi atau sengaja dibuat sedemikian rupa. Hanya ada seseorang yang buang air kecil tak pada tempatnya lalu ditegur. Hanya cara tegurnya itu terlalu keras, sehingga yang bersangkutan marah dan mengundang saudara-saudaranya hingga berkembang menjadi perkelahian hingga pembakaran.

Paulus juga mengatakan, anggota Brimob Polda Riau yang menjadi korban amukan massa saat itu sedang berada di ATM. Tapi saat hendak kembali dihadang massa kemudian dianiaya hingga tewas. "Ini sangat disesalkan. Massa diperkirakan sekitar 30 orang dalam keadaan emosi," tuturnya.

Untuk menenangkan situasi di Yahukimo, dirinya sudah menugaskan Wadirlantas Polda Papua yang dulunya merupakan mantan Kapolres Yahukimo agar berkoordinasi dengan Dandim untuk bantu bicara dengan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar