Mengenal Drawa dan Kangpo, Maskot PON 2020 Papua - Berita Papua

Breaking

Rabu, 18 Desember 2019

Mengenal Drawa dan Kangpo, Maskot PON 2020 Papua

Mengenal Drawa dan Kangpo, Maskot PON 2020 Papua

Pengurus Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) telah resmi mengumumkan maskot untuk PON 2020 Papua. Terdapat dua maskot untuk kejuaraan empat tahunan edisi kali ini.
.
Maskot PON yang diperkenalkan yaitu dua hewan khas Papua. Maskot pertama diberi nama Drawa yang menggambarkan burung khas Papua, burung Cendrawasih. Maskot kedua dinamakan Kangpo yang merupakan kependekan dari nama hewan kangguru pohon.
.
Menurut Ketua Bidang 2 PB PON, John Wei, kedua hewan itu dipilih menjadi inspirasi maskot karena menjadi ciri khas Papua. "Kedua maskot ini asli dari Papua. Untuk Kangguru, memang selama ini dikenal dari Australia. Ternyata, di Papua ada dan dikenal dengan kangguru pohon," kata John Wei dikutip dari Antara.
.
Kangpo menggunakan rumbai pada bagian kepala dan pinggang yang merupakan busana kebesaran untuk kaum laki-laki dan perempuan. Kemudian, terdapat ukiran pada ikat pinggang yang merupakan desain khas Papua. Pada bagian depan mahkota juga ditampilkan ilustrasi gunung bersalju yang merupakan gambaran puncak Gunung Jayawijaya.
.
Sedangkan, Drawa juga digambarkan menggunakan mahkota dan rumbai. Di dadanya tersemat medali dengan tali merah putih yang menandakan kebersamaan memperebutkan medali dalam bingkai NKRI. Tubuh Drawa diberi warna oranye yang melambangkan kehangatan, persahabatan dan cinta kasih.
.
Warna kuning di kepala Drawa adalah warna asli cenderawasih yang melambangkan semangat, kehangatan dan kegembiraan. Jumlah sayap, ekor dan jari pada kedua kaki Drawa melambangkan penyelenggaraan PON XX yang rencananya dibuka pada 20 Oktober 2020, pukul 20.00 WIT.
.
Selain logo dan maskot, sebelumnya juga sudah ada tagline PON XX 2020, yaitu "Torang Bisa". Kata tersebut merupakan penyemangat khas Papua yang bertujuan untuk mengobarkan semangat juang para atlet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar