KKB Papua Bunuh 20 Orang Sepanjang 2019 - Berita Papua

Breaking

Selasa, 31 Desember 2019

KKB Papua Bunuh 20 Orang Sepanjang 2019

KKB Bunuh 20 Orang Sepanjang 2019

Egianus Kogoya merupakan pimpinan KKB yang melakukan aksinya di wilayah Nduga dan saat ini diduga bersembunyi di hutan wilayah Kuyuwage, Kabupaten Lanny Jaya. Kelompok Egianus diduga melakukan pembunuhan terhadap 17 orang pekerja Istaka Karya di Distrik Yigi, Kabupaten Nduga pada tahun 2018 lalu.

Untuk memberantas aksi KKB tersebut, pada tahun 2020, Polda Papua pun akan tetap menggunakan upaya hukum dengan bekerja sama dengan pihak terkait. Menurut Peneliti Human Rights Watch Andreas Harsono, 20 orang tewas sepanjang 2019 akibat penembakan KKB adalah cerminan dari kondisi yang mencemaskan.

Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) Sebby Sambom menilai data penembakan yang disampaikan polisi itu 'diskriminatif dan manipulatif'.

Sebby meminta polisi untuk juga mengeluarkan data mengenai berapa jumlah orang Papua yang meninggal akibat kekerasan dan penembakan yang dilakukan oleh polisi. Ia pun menegaskan bahwa TPN-OPM tidak pernah menembak warga sipil yang tidak bersalah. Ia juga mengklaim korban sipil yang tewas ditembak oleh OPM adalah mata-mata dari TNI/Polri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar