Kawasan tertinggi di Indonesia berhasil dialiri listrik - Berita Papua

Breaking

Minggu, 22 Desember 2019

Kawasan tertinggi di Indonesia berhasil dialiri listrik

Kawasan tertinggi di Indonesia berhasil dialiri listrik

Indonesia berhasil mengaliri listrik ke kawasan tertinggi, yakni Distrik Ilaga, pusat ibu kota Kabupaten Puncak, Provinsi Papua. Di distrik tersebut, rata-rata ketinggian 1.500-4.000 meter di atas permukaan laut.
.
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan di kawasan tersebut sudah beroperasi Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) dengan kapasitas 2 x 350 kW.
.
“Ini kesempatan bagi penduduk di Papua meningkatkan kualitas hidupnya dengan memanfaatkan potensi energi terbarukan setempat,” ujar Menteri Arifin dalam siaran persnya, Jumat. Melalui pemanfaatan sumber energi lokal ini, Ilaga semakin mandiri memenuhi kebutuhan listrik warganya.
.
Distrik Ilaga merupakan kawasan tertinggi tidak hanya di Papua, juga di Indonesia. Kawasan itu dikelilingi rangkaian pegunungan Jayawijaya sehingga kawasan ini terisolasi. Satu-satunya jalur masuk dan keluar Ilaga adalah Bandara Ilaga yang hanya bisa dijangkau dari Timika selama 40 menit.
.
“Dengan energi listrik yang cukup, kehidupan di Papua akan menjadi lebih baik, roda ekonomi akan berjalan,” ujar dia. “Paling penting adalah anak-anak bisa belajar di malam hari, sehingga sumber daya manusia bisa lebih baik."
.
Pembangkit ini baru mampu mengaliri listrik kepada 600 Kepala Keluarga (KK). Listrik tersebut berasal dari debit air 2 x 800 liter/detik dengan menggunakan 2 unit turbin. Total biaya proyek ini, data dari Kementerian ESDM, sebesar Rp99 miliar.
.
Menurut Menteri Arifin, sumber energi lokal cocok digunakan di kawasan dengan topografi dan geografi di daerah terpencil seperti Ilaga. "Pemerintah mendorong ketersediaan energi listrik dari sumber energi lokal terutama pemanfaatan energi baru terbarukan," tegas Menteri Arifin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar