Jelang Natal & Tahun Baru, Pesan Tiket Jauh Hari - Berita Papua

Breaking

Kamis, 12 Desember 2019

Jelang Natal & Tahun Baru, Pesan Tiket Jauh Hari

Jelang Natal & Tahun Baru, Pesan Tiket Jauh Hari

PT Pelayaran Indonesia (Pelni) Cabang Jayapura telah menyiapkan enam kapal penumpang untuk melayani masyarakat yang hendak mudik menjelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.
.
Kepala Pelni Cabang Jayapura Harianto Sembiring di Jayapura, Rabu, mengatakan untuk mengatasi permintaan angkutan yang melonjak pada Natal dan Tahun Baru mulai H-14 yakni 11 Desember 2019 hingga H+14 yakni 8 Januari 2020, pihaknya telah melakukan persiapan sesuai jadwal serta rute kapalnya. "Kami menyiapkan enam kapal yakni KM Dobonsolo, Gunung Dempo, Labobar, Sinabung, Ciremai dan Tidar," katanya.
.
Menurut Harianto, langkah antisipasi ini dilakukan karena prediksi akan mahalnya harga tiket pesawat membuat masyarakat Jayapura, Papua yang ingin pulang merayakan Natal dan Tahun Baru di kampung halamannya lebih memilih moda transportasi laut meski memakan waktu cukup lama.
.
Momentum Natal dan Tahun Baru yang bertepatan dengan liburan semester pendidikan selalu dijadikan sebagian besar masyarakat Indonesia, terlebih di Papua, untuk berlibur. Tak heran di Papua penumpang transportasi udara dan laut pun naik drastis yang biasnya juga berdampak kepada naiknya harga tiket.
.
General Manager Garuda Indonesia Cabang Jayapura Donald Jerry Rieuwpassa mengatakan telah memberlakukan penerbangan tambahan menyusul meningkatkan penjualan tiket sejak November 2019. Pembelian tiket tujuan Jakarta dari Jayapura, kata Donald, sejak November 2019 setiap hari naik 15 persen.  “Penerbangan tambahan (extra flight) sudah 4 flight rute Jayapura – Jakarta menggunakan pesawat kapasitas 162 seat dan 180 seat, atau sekitar 7 flight dari dan keluar Papua,” katanya.
.
Sedangkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan, maskapai penerbangan PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) memberi diskon 30 persen untuk penerbangan dari Senin-Kamis, mulai Kamis (5/12/2019). Ini diskon khusus untuk jelang Natal dan Tahun Baru.
.
"Jangan mudik di Sabtu dan Minggu, sebab diskon tak berlaku," saat meninjau pembangunan Jalan Tol Elevated Jakarta-Cikampek II di Karawang, Jawa Barat, Minggu (08/12/2019).
.
Senada dengan Menhub, Pelni Jayapura mengimbau para pengguna jasa transportasi laut agar membeli tiket kapal jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan. Hal ini bertujuan agar penumpang dapat mengatur jadwal keberangkatan dan tidak terjadi penumpukan penumpang kapal pada H-7.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar