TOL LANGIT YANG MENYATUKAN ANAK BANGSA - Berita Papua

Breaking

Selasa, 19 November 2019

TOL LANGIT YANG MENYATUKAN ANAK BANGSA

Istilah tol langit digunakan Presiden Jokowi untuk menggambarkan sambungan bebas hambatan bagi sinyal internet di langit Indonesia yang akan menghubungkan seluruh wilayah Nusantara.
.
Ya, membangun jaringan telekomunikasi di 41 kabupaten yang ada di Provinsi Papua dan Papua Barat memang tak mudah. Namun Tak ada kata mahal untuk membangun wilayah terpinggir demi mempersatukan anak bangsa.

4
.
Bayangkan saja, ada 52 tower yang harus dibangun di gunung-gunung tanah Papua. Adapun 28 lokasi pembangunan berada di ketinggian 2.500 hingga 3.500 meter di atas permukaan laut.
.
Program pembangunan tol langit di wilayah timur Indonesia memang telah usai pertengahan Agustus lalu. Medan yang harus dibangun memang menantang, tetapi pemerintah yang dipimpin Presiden Joko Widodo pantang menyerah.
.
Palapa Ring merupakan proyek prioritas yang dibuat oleh pemerintah dengan menghubungkan semua kabupaten/kota dengan kabel optik. Hal itu digunakan untuk menjaga kelancaran jaringan internet agar memiliki akses lebih cepat.
.
Proyek pengerjaan tol langit di wilayah timur yang sudah rampung dikerjakan hanya tinggal menunggu stabilisasi dan integrasi dengan Palapa Ring paket barat dan Palapa Ring paket tengah.
.
Proyek internet cepat akan terus berjalan seiring mengejar ketertinggalan dan keterlambatan dalam pengerjaannya. Proyek pembuatan tol langit ini mencakup wilayah daerah timur, seperti Nusa Tenggara Timur (NTT), Maluku, Papua Barat, dan Papua.
.
Kementerian Kominfo menargetkan aksesibilitas telekomunikasi merata di seluruh Indonesia pada 2020.
.
Pembangunan jaringan tol langit yang dikembangkan pemerintah diharapkan dapat menjadi tumpuan untuk semua akses telekomunikasi. Perkembangan sosial ekonomi dan pemerataan perekonomian dapat menunjang ketersediaan infrastruktur jaringan telekomunikasi.
.
Jaringan telekomunikasi yang luas dan berkapasitas besar bisa memberikan jaminan kualitas terhadap akses internet dan komunikasi yang berkualitas tinggi, aman, dan memiliki harga yang terjangkau.
.
Dengan berkembangnya sektor telekomunikasi, masyarakat akan terbantu karena komunikasi jarak jauh semakin mudah. Jaringan telekomunikasi yang luas juga dapat menjangkau daerah pelosok yang sebelumnya susah mendapat akses komunikasi yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar