Masyarakat Papua Ingin Tetap Bersama Indonesia - Berita Papua

Breaking

Senin, 11 November 2019

Masyarakat Papua Ingin Tetap Bersama Indonesia

Papua sebagai salah satu bagian dari kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) telah melalui proses referendum yang dikenal dengan PEPERA dan hasilnya telah disahkan melalui resolusi PBB No 2504 yang dikeluarkan oleh Majelis Umum PBB pada tanggal 19 November 1969.

Bahagianya Anak Papua, Bahagianya Indonesia

Namun hingga saat ini, kedaulatan tersebut selalu diusik oleh kepentingan segelintir orang yang dikenal sebagai kelompok separatis. Segala gerak gerik perlawanan dari kelompok separatis semakin menghambat pembangunan di Papua. Namun Sebagian Besar masyarakat Papua secara sadar mengatakan bahwa dirinya adalah bagianyang tak terpisahkan dari nusantara, dan tidak ingin berpisah dari pangkuan NKRI.

Sehingga jika ingin benar – benar memerdekakan Papua, seharusnya merdekakanlah Papua “secara makna” dari kata merdeka tersebut, kemerdekaan Papua tidaklah harus melulu bermakna berdaulat lantas menjadi sebuah negara secara mandiri, namun kemerdekaan Papua juga bisa dimaknai dengan Papua yang mampu bangkit dan hidup sejahtera.

Kemerdekaan Papua dapat dimaknai dengan Papua yang mampu bangkit dan hidup sejahtera. Kemerdekaan Papua dapat dimaknai dengan Papua yang bebas dari kesengsaraan dan ketidakadilan. Kemerdekaan Papua dapat dimaknai dengan Papua yang merdeka dan bebas dari segala permasalahan.

Sehingga jika melihat perkembangan pesat pembangunan di Papua dan kehidupan masyarakatnya, maka tidak heran jika masyarakat Papua tetap ingin bersama Indonesia.

Sejumlah warga asal Papua yang tinggal di berbagai wilayah, menyatakan tak akan memisahkan diri dari NKRI. Karena itu, mereka berharap dukungan semua pihak agar Bumi Cendrawasih segera damai kembali.

Aliansi Masyarakat Peduli Papua saat menggelar aksi damai untuk dukungan bagi masyarakat Papua sebagai saudara sebangsa dan setanah air Senin (2/9). “Tidak ada niat sedikitpun kami (warga Papua) memisahkan diri dari NKRI,” tegas Jimmy Carson asal Asmat, Papua.

Ditegaskan Jimmy, tidak ada keinginan rakyat Papua yang ingin memisahkan diri dari Republik Indonesia. Semua masyarakat Papua, kata dia, pada dasarnya adalah cinta damai. Dan tidak suka dengan kerusuhan apalagi perpecahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar