KNPB, ULMWP Yan Mengancam Kepala Kampung di Papua Akan Ditindak Tegas - Berita Papua

Breaking

Rabu, 27 November 2019

KNPB, ULMWP Yan Mengancam Kepala Kampung di Papua Akan Ditindak Tegas

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lanny Jaya, Papua, Christian Sohilait, menyetujui kepala kampung/desa ditindak secara hukum bila terbukti memberikan bantuan ke Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Dia mengaku sejumlah kepala distrik diancam KKB.
 .
"Memang ada beberapa kepala kampung yang bertemu dengan saya, dan mereka sampaikan bahwa mereka mendapatkan ancaman dari pihak KKB kalau tidak memberikan dana," kata Christian, di Jayapura, Papua, Senin, 25 November 2019.


 .
Dia mengatakan ada Lima distrik di Kabupaten Lanny Jaya yang menjadi sarang atau tempat lintas para KKB. Lima distrik tersebut yakni Distrik Wano Barat, Kuyawage, Balingga Barat, Balingga, dan Distrik Ayumnati.
.
"Saya menduga, mereka (KKB) menekan para kepala kampung untuk memberikan bantuan. Sampai saya menduga ada dana desa yang akhirnya diberikan oleh kepala kampung karena diancam," ujarnya.
 .
Dia mengungkap penyaluran dana desa tahap ke empat tahun ini diinstruksikan tidak disalurkan. Pasalnya, perayaan HUT OPM sudah didepan mata yaitu pada 1 Desember 2019.
 .
"Menjelang 1 Desember tidak ada pencairan dana desa, agar jangan sampai dana desa diberikan ke KKB karena adanya ancaman ke kepala kampung. Kalaupun dalam praktiknya mereka (kepala kampung) memberikan kepada KKB seperti hewan ternak dan bahan makanan lainnya, itu adalah urusan mereka,” katanya.
 .
Christian menyakini keamanan para kepala desa tetap terjaga. Hal ini diperkuat denganb pernyataan Kapolda Papua. "Saya telah perintahkan seluruh satuan di wilayah untuk meningkatkan patroli 1x24 jam termasuk razia setiap harinya mulai saat ini hingga 1 Desember," tegas Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw di Mapolda Papua, Selasa (26/11/2019).
 .
Kapolda menegaskan pihaknya tidak akan memberikan ruang bagi kelompok masyarakat yang bertentangan dengan nilai-nilai persatuan dan kesatuan untuk menggelar aksinya.
.
Bahkan diakuinya, selama ini ada indikasi Kepala Kampung telah memberikan bantuan kepada kelompok kriminal bersenjata (KKB), entah itu karena dibawa ancaman atau memberikan bantuan secara sukarela.
.
"Kami melarang keras kepada kepala kampung atau kepala desa di Papua untuk tidak memberikan bantuan dalam bentuk apapun kepada kelompok kriminal bersenjata," tegasnya lagi.
.
Sementara itu Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Drs. Herry Rudolf Nahak menyampaikan kepada seluruh masyarakat Papua Barat untuk tidak terprovokasi pada 1 Desember 2019. Menurut Nahak, ada ditemukan beberapa selebaran di Papua Barat pada 1 Desember, namun mereka tetap siaga untuk menjaga keamanan.
.
Kapolda juga berpesan kepada seluruh masyarakat untuk jaga Manokwari, jaga Papua Barat pada 1 Desember. Ia juga menyampaikan kepada masyarakat untuk tidak perlu melakukan hal-hal yang tidak diinginkan agar pelayanan masyarakat berjalan dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar