Kesehatan di Papua Diberikan Perhatian Khusus oleh Pemerintah Indoenesia - Berita Papua

Breaking

Sabtu, 30 November 2019

Kesehatan di Papua Diberikan Perhatian Khusus oleh Pemerintah Indoenesia

Kesehatan di Papua Diberikan Perhatian Khusus oleh Pemerintah Indoenesia

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto meminta para Kepala Dinas Kesehatan di Papua agar memberi perhatian serius terhadap stunting dan tingginya angka kematian ibu (AKI) serta bayi.
.
"Dari data yang saya terima, saat ini Papua masih terus menghadapi masalah tingginya angka kematian ibu, angka kematian bayi, prevalensi gizi kurang dan stunting, beberapa penyakit menular dan penyakit tidak menular tertentu," katanya pada pembukaan Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) II 2019 tingkat Provinsi Papua di Jayapura, Rabu.
.
Di samping itu, kata dia, beberapa faktor determinan sosial juga belum dapat diselesaikan semuanya seperti penyediaan air bersih, sanitasi rumah tangga, ketahanan pangan, akses informasi dan pendidikan khususnya bagi perempuan, perilaku masyarakat terkait merokok, pola makan, dan pola konsumsi.
.
Menurut dia, sasaran RPJMN 2020-2024 adalah mewujudkan masyarakat Indonesia yang mandiri, maju, adil, dan makmur melalui percepatan pembangunan di berbagai bidang dengan menekankan terbangunnya struktur perekonomian yang kokoh berlandaskan keunggulan kompetitif di berbagai wilayah yang didukung oleh sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing.
.
Pada Rakerkesnas 2019 yang secara resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia sebagai penunjang kesehatan masyarakat.
.
"Saya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Gubernur Provinsi Papua beserta jajaran yang telah mendukung program Kementerian Kesehatan untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya," ujarnya.
.
Menkes menegaskan, akan memberi perhatian khusus pada Papua. Bahkan, karena cintanya, maka Papua menjadi kunjungan kerja pertamanya.
.
Oleh karena itu, ia telah menempatkan salah seorang staf khususnya untuk berkantor di Papua. Selain itu, ia juga berkomitmen akan meningkatkan SDM tenaga dokter melalui Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar